Abstrak


Kualitas Butir Soal Ujian Konstruksi dan Utilitas Gedung Kelas XI SMK Kompetensi Keahlian Desain Permodelan dan Informasi Bangunan


Oleh :
Hilmawan Wibawanto - K1515034 - Fak. KIP

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas butir soal ujian Konstruksi dan Utilitas Gedung  Kelas XI  SMK Kompetensi  Keahlian Desain Permodelan dan  Informasi  Bangunan.  Kualitas  butir  soal berdasarkan  analisis kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif terdiri dari analisis dari segi materi, konstruksi dan bahasa sedangkan analisis kuantitatif yang terdiri dari validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda, dan efektivitas pengecoh.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI DPIB di SMKN 2 Surakarta dan SMKN  5 Surakarta. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan metode, dokumentasi, observasi,   dan  angket.   Dokumentasi  dilakukan  untuk   mengumpulkan   data perangkat penilaian, observasi untuk mengumpulkan data kesesuaian soal dengan pedoman penulisan soal menggunakan lembar observasi dan angket untuk mengumpulkan data persepsi siswa dan guru.
Hasil penelitian  menunjukkan bahwa soal yang  dibuat  guru dalam mata pelajaran konstruksi dan utilitas gedung  di SMKN  2  Surakarta dan SMKN  5 Surakarta  berkualitas  baik.  Soal  SMKN  2  Surakarta  secara  kuantitatif  sudah berkualitas baik dari segi validitas, reliabilitas, daya beda, dan efektivitas pengecoh tetapi buruk pada tingkat kesukaran, soal secara kualitatif juga sudah sesuai dengan pedoman penulisan soal dengan nilai 93% untuk materi, 96% untuk konstruksi dan 98% untuk bahasa. Persepsi siswa dan guru juga menyatakan bahwa soal sudah berkualitas baik. Soal SMKN 5 Surakarta secara kuantitatif sudah berkualitas baik dari segi validitas, reliabilitas, daya beda, dan tingkat kesukaran tetapi buruk pada segi efektivitas pengecoh, soal secara kualitatif juga sudah sesuai dengan kaidah penulisan soal dengan nilai 94% untuk materi, 87% untuk konstruksi dan 94% untuk bahasa. Persepsi siswa dan guru juga menyatakan bahwa soal sudah berkualitas baik.

Kata Kunci: Kualitas Soal, Analisis Butir Soal, Konstruksi dan Utilitas Gedung