Abstrak


Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Keaktifan Bermain Bolavoli Bagi Siswa Kelas VIIIB di SMP Negeri 16 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017


Oleh :
Ratih Kumala Sari - K4612118 - Fak. KIP

Abstrak

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifanbermain bolavoli pada peserta didik kelas VIII-B SMP Negeri 16 Surakarta tahun ajaran 2016/2017 melalui penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT).
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK).Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus,dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII-B SMP Negeri 16 Surakarta tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 30 peserta didik yang terdiri dari 12 peserta didik putra dan 18peserta didik putri. Sumber data berasal dari guru, peserta didik dan peneliti.Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi,angket keaktifan bolavoli, dokumentasi atau arsipberupafotodanvidio. Validasi instrument menggunakan SPSS.Analisis data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif.Prosedur penelitian adalah berupasikluspembelajaran yang saling berkaitan.
Berdasarkan hasil analisis data pada bab IV diperoleh peningkatan yang signifikan terjadi pada prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus IIHal ini dilihat dari pengamatan observer sebanyak 3 orang pada masing-masing siklus bahwa pada siklus 1 dari 75,95% meningkat pada siklus II menjadi 82,18. Hasil ini menunjukkan bahwa kemampuan saat melakukan gerakan sebagai bentuk klarifikasi dari suatu jawaban yang ditemukan dari proses pembelajaran dengan metode NHT secara diamati saat pembelajaran bolavoli berlangsung atau diukur dengan angket keaktifan dengan menggunakan metode NHT telah mencapai persentase target akhir pencapaian sebesar 80%. Dari hasil analisis data diatas dapat disimpulan bahwa penerapan metode Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan keaktifanbermain bolavoli pada peserta didik kelas VIII-B SMP Negeri 16Surakarta tahun ajaran 2016/2017.


Kata Kunci : Keaktifan, Bermain Bolavoli, Penerapan Metode Numbered Heads Together