Abstrak


Analisis Estimasi Harga Pokok Produksi Damar Aspal


Oleh :
Medipta Auliya Dinantika - I0113076 - Fak. Teknik

Abstrak

Material perkerasan jalan raya di Indonesia saat ini kebanyakan masih menggunakan material yang tidak dapat diperbarui, contohnya yaitu Aspal Pen 60/70 dengan estimasi harga pokok produksi per Kg Rp.2.695,-. Sehingga bioaspal menjadi material alternatif yang ramah lingkungan dan dapat diperbarui. Salah satu jenis bioaspal yang diteliti adalah Damar Aspal. Penelitian terdahulu Damar Aspal telah mempelajari sifat properti dan karakteristik Damar Aspal. Namun, untuk dapat digunakan dalam skala yang lebih besar belum dilakukan penelitian mengenai estimasi harga pokok produksi Damar Aspal. Sehingga tujuan penelitian ini adalah mengetahui estimasi harga pokok produksi Damar Aspal dengan beberapa skala produksi yang digunakan. 

Langkah awal penelitian yaitu mengumpulkan data komponen produksi Damar Aspal. Lalu menghitung Harga Pokok Produksi Damar Aspal dengan metode Activity Based Costing. Tahap selanjutnya yaitu menganalisis proses produksi aspal yang dilakukan secara industri Aspal Plant untuk kemudian didapatkan Harga Pokok Produksinya. Dari analisis produksi aspal secara industri, kemudian menganalisis estimasi Harga Pokok Produksi Damar Aspal bila diproduksi dengan skala industri. Hasil dari penelitian ini didapatkan prosedur produksi Damar Aspal dengan skala industri rumah tangga dan perbandingan estimasi Harga Pokok Produksi dari masing-masing produk aspal. 

Hasil analisis data, estimasi Harga Pokok Produksi Damar Aspal skala industri rumah tangga per Kg adalah Rp.30.363-, dan Rp.30.202- untuk Damar Aspal dengan produksi skala industri. Estimasi Harga Pokok Produksi untuk Aspal Emulsi dan Aspal Pen 60/70 masing-masing adalah Rp.5.857- dan Rp.2.695-. Hasil tersebut menunjukan bahwa estimasi Harga Pokok Produksi Damar Aspal masih lebih tinggi dibandingkan dengan produksi aspal konvensional yang ada. Dengan  metode produksi yang berbeda, estimasi Harga Pokok Produksi Damar Aspal tidak berbeda jauh. Sehingga menunjukkan pada saat ini bahan baku Damar Aspal masih lebih mahal dibandingkan produk aspal konvensional yang lain.

Kata Kunci : Damar Aspal, Activity Based Costing, Harga Pokok Produksi, Bioaspa