Abstrak


Penerapan Alat Bantu Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pukulan Forehand Push Tenis Meja pada Peserta Didik Kelas VIII A SMP Negeri II Trucuk Klaten Tahun Ajaran 2018/2019


Oleh :
Putri Yudha Pratiwi - K4615072 - Fak. Keolahragaan

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar teknik dasar pukulan forehand push tenis meja peserta didik kelas VIII A SMP Negeri II Trucuk Klaten  tahun ajaran 2018/2019.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, setiap siklusnya   2 kali pertemuan. Subjek Penelitian Tindakan Kelas ini adalah peserta didik kelas VIII A SMP Negeri II Trucuk Klaten yang berjumlah 25 peserta didik,peserta didiknya adalah putra 13 dan 12 peserta didik perempuan. Sumber data dalam Penelitian ini berasal dari peserta didik, peneliti dan guru yang bertindak sebagai kolaborator. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif yang didasarkan pada analisis  persentase.
Hasil penelitian sebagai berikut  : Pada prasiklus dari 25 peserta didik hanya 8 peserta didik yang tuntas atau 32%   dan 17   peserta didik tidak tuntas (68%).Pada  siklus  I  diperoleh  hasil  belajar  peserta  didik  yang  telah  tuntas sebanyak 14 peserta didik (56%) dan 11 peserta didik tidak tuntas (44%). Pada siklus  II  diperoleh  hasil  belajar  peserta  didik  yang  telah  tuntas  sebanyak  21 peserta didik(84%) dan 4 peserta didik tidak tuntas (16%).
Dengan perolehan dan Berdasarkan hasil analisis dari siklus I dan siklus II menunjukan adanya peningkatan hasil belajar,sehingga dapat disimpulkan bahwa: Penerapan  alat  bantu  pembelajaran  dapat  meningkatan  Hasil  Belajar  Teknik Dasar  Pukulan  Forehand  Push  Tenis Meja  peserta  didik  Kelas  VIII  A  SMP Negeri II Trucuk Klaten Tahun Ajaran 2018/ 2019.

Kata kunci : Hasil Belajar, Forehand Push Tenis Meja