Abstrak


Evaluasi Pemanfaatan Ruang Existing Kecamatan Grogol Tahun 2016 terhadap Rencana Detail Tata Ruang Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo Tahun 2014-2034 (Implementasi Materi Pembelajaran Geografi Sekolah Menengah Atas (SMA) Kelas X Kurikulum 2013 pada materi Menganalisis Citra Penginderan Jauh)


Oleh :
Leni Maryani - K5412046 - Fak. KIP

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui kondisi struktur dan pola ruang Existing di Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo Tahun 2016 (2) Mengetahui kesesuaian struktur dan pola ruang Existing di Kecamatan Grogol Kabupaten   Sukoharjo   Tahun   2016   terhadap   Rencana   Detail   Tata   Ruang Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo Tahun 2014-2034 (3) Mengetahui implementasi tema kajian Evaluasi Pemanfaatan Ruang Existing Kecamatan Grogol Tahun 2016 terhadap Rencana Detail Tata Ruang Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo Tahun 2014-2034 bagi pembelajaran Geografi di Kelas X SMA.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan keruangan. Populasi penelitian ini adalah seluruh pemanfaatan ruang yang ada di Kecamatan Grogol. Teknik pengambilan sampel dilakukan untuk melakukan uji ketelitian citra menggunakan teknik areal based sampling yaitu penentuan sampel area berdasarkan atas grid/cell system based area yaitu penentuan sampel area berdasarkan pada batas-batas yang dibuat atas media citra satelit atau foto udara yang berupa garis vertikal dan horizontal (Yunus, 2010:
396). Teknik ini dipilih dengan maksud agar titik sampel yang akan digunakan untuk uji ketelitian citra tersebar merata di seluruh area penelitian. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan interpretasi citra. Teknik analisis data yang digunakan adalah Matching dan Scoring.
Hasil penelitian ini adalah: (1) Struktur ruang di Kecamatan Grogol terdiri atas 2 grup indikator yang diperinci ke dalam 4 indikator, sedangkan pola ruang di Kecamatan Grogol terdiri atas 3 grup indikator yang diperinci ke dalam 10 indikator;  (2)  Pemanfaatan  ruang  Existing  Kecamatan  Grogol  Tahun  2016 memiliki tingkat kesesuaian terhadap RDTR Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo Tahun 2014-2034 sebesar 65,99% (tingkat kesesuaian sedang). (3) kajian  penelitian  dapat  dikembangkan  menjadi  modul  pembelajaran  geografi untuk SMA kelas X semester 1 pada materi menganalisis citra penginderaan jauh.

Kata Kunci : evaluasi  pemanfaatan  ruang, struktur  ruang,  pola  ruang,  ruang, RDTR