Abstrak


Peningkatan Hasil Belajar Menggiring Bola dalam Permainan Sepakbola Menggunakan Alat Bantu Pembelajaran pada Siswa Kelas XI IIS 1 SMA Negeri 1 Batang Tahun Ajaran 2014/2015


Oleh :
Fatkhu Royyan - K4610037 - Fak. KIP


ABSTRAK


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar menggiring bola pada permainan sepakbola menggunakan berbagai macam bola pada siswa kelas XI IIS 1 SMA Negeri1 Batang.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IIS I SMA Negeri 1 Batang yang berjumlah 32 siswa. Sumber data bersal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, tes dan praktek. Validasi data menggunakan teknik triangulasi data.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan alat bantu pembelajaran berupa bola plastik dapat meningkatkan hasil belajar menggiring bola dari prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Peningkatan terjadi pada siklus I. Pelaksanaan siklus II menyebabkan hasil belajar teknik dasar menggiring bola meningkat menjadi lebih baik dan tercipta proses pembelajaran yang aktif, efektif, efisien dan menyenangkan sehingga proses bembelajaran menjadi lebih baik.

Kesimpulan penelitian ini adalah dengan aplikasi alat bantu pembelajaran dapat  meningkatkan  hasil  belajar  menggiring  bola  pada  permainan  sepakbola siswa kelas XI IIS1 SMA Negeri 1 Batang.

Kata kunci: hasil belajar, alat bantu pembelajaran, menggiring bola, sepakbola