Abstrak


Penerapan pendekatan saintifik dalam peningkatan pembelajaran ips tema indahnya keragaman di negeriku pada siswa kelas IV SDN Tanuharjo tahun ajaran 2018/2019


Oleh :
Ade Aprilian - K7115001 - Fak. KIP

ABSTRAK

Tujuan penelitian: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan pendekatan saintifik dalam peningkatan pembelajaran IPS tema Indahnya Keragaman di Negeriku, (2) meningkatkan pembelajaran IPS tema Indahnya Keragaman di Negeriku, (3) mendeskripsikan kendala dan solusi dalam penerapan pendekatan saintifik pada pembelajaran IPS tema Indahnya Keragaman di Negeriku.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Tanuharjo yang berjumlah 32 siswa. Data pada penelitian yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Data kuantitatif berupa data penilaian pengetahuan, penilaian sikap, dan penilaian keterampilan. Kemudian, data kualitatif berupa informasi mengenai pelaksanaan pembelajaran yang berupa hasil observasi dan wawancara terhadap guru dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik non tes dan tes. Triangulasi yang digunakan triangulasi teknik, yaitu teknik tes, observasi, wawancara, serta triangulasi sumber data didapatkan dari siswa dan guru. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan pendekatan saintifik dengan langkah: (a) mengamati, (b) menanya, (c) mencoba/mengumpulkan informasi, (d) menalar/asosiasi, (e) melakukan komunikasi, dapat meningkatkan tingkat  ketuntasan  siswa  pada  pembelajaran  tema  indahnya  keragaman  di negeriku, yaitu pada siklus I= 82% kemudian pada siklus II= 85%, (2) kendala dalam penelitian yaitu: (a) kegiatan menanya masih belum maksimal, (b) siswa kesulitan membentuk kelompok, (c) kegiatan diskusi kurang maksimal, (d) ada siswa pengacau, (e) terdapat kelompok yang diam, (f) langkah menyampaikan informasi kurang maksimal, (g) terdapat siswa yang kesulitan untuk mengerjakan soal. Sedangkan solusinya yaitu: (a) siswa diberi motivasi agar mau bertanya, (b) siswa dipandu dan dipantau lebih ketat, (c) siswa diberi pengertian agar tertib, (d) siswa  diberi  pengertian  agar  tidak  mengganggu  temannya,  (e)  siswa  diberi motivasi agar berani menyampaikan pendapat, (f) guru membimbing siswa, (g) siswa dipandu guru dalam menulis.
Simpulan dalam penelitian ini adalah penerapan pendekatan saintifik dapat meningkatkan  pembelajaran  IPS  tema  indahnya  keragaman  di  negeriku  pada siswa kelas IV SD Negeri Tanuharjo tahun ajaran 2018/2019.

Kata Kunci: pendekatan saintifik, IPS, tes hasil belajar.