;

Abstrak


Proses Pembelajaran Pembuatan Wayang Kulit di Sanggar Asto Kenyo Art di Desa Kepuhsari Kecamatan Manyaran Kabupaten Wonogiri


Oleh :
Yogi Laksito Pramono - S051508014 - Sekolah Pascasarjana

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) latar belakang berdirinya Sanggar Asto Kenyo Art, 2) pelaksanaan pembelajaran di Sanggar Asto Kenyo Art, 3) kiat-kiat yang dilakukan Sanggar Asto Kenyo Art dalam mempertahankan seni tradisi pembuatan wayang kulit di tengah perkembangan modernisasi yang pesat. 
Sejalan dengan tujuan penelitian, maka metodologi penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan multidisipliner, yaitu dengan menggunakan berbagai sudut pandang ilmu yang relevan dengan permasalahan. Sumber data yang digunakan yakni: informan, tempat dan peristiwa, dokumen, serta kepustakaan. Teknik pengumpulan data menggunakan: wawancara, observasi dan analisis dokumen. Teknik sampling yang digunakan: purposive sampling. Validitas data diperoleh dengan menggunakan teknik triangulasi data. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan analisis kualitatif yang meliputi: pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan atau verifikasi.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan: 1) latar belakang berdirinya Sanggar Asto Kenyo Art berawal dari: a) keprihatinan Retno Lawiyani terhadap  perkembangan kesenian wayang kulit yang semakin menurun khususnya di Desa Kepuhsari, b) ingin merubah persepsi masyarakat terhadap kesenian wayang kulit dengan memberikan pengarahan dan pelatihan guna menjadikan kesenian wayang kulit sebagai salah satu mata pencaharian nantinya, 2) proses pembelajaran pembuatan wayang kulit di Sanggar Asto Kenyo Art memiliki sistem yang terangkai dengan tujuan agar bisa mempengaruhi dan menimbulkan pengalaman baru bagi peserta didik, model pembelajaran yang diterapkan memiliki kemiripan dengan model pembelajaran kontektual (Contextual teaching and learning) dengan metode berupa ceramah, diskusi dan demonstrasi, 3) kiat-kiat yang dilakukan oleh Sanggar Asto Kenyo Art dalam mempertahankan seni tradisi pembuatan wayang kulit di tengah perkembangan modernisasi yang pesat adalah dengan menumbuhkembangkan kegiatan belajar mengajar di Sanggar Asto Kenyo Art yang tujuannya untuk melahirkan para generasi muda pengrajin wayang kulit.

Kata Kunci : Wayang kulit, Pembelajaran pembuatan wayang kulit, Sanggar Asto Kenyo Art