;

Abstrak


Pengembangan Instrumen Penilaian Teslet Terkomputerisasi untuk Mengukur Literasi Sains dan Keterampilan Generik Sains pada Materi Ikatan Kimia Kelas X MIPA SMA/MA


Oleh :
Eva Lutviana - S091702001 - Sekolah Pascasarjana

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan pengembangan instrument teslet terkomputerisasi pada materi ikatan kimia yang dapat digunakan sebagai instrument penilaian peserta didik, (2) mengetahui kelayakan instrument teslet terkomputerisasi pada materi ikatan kimia yang memiliki validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda dan indeks pengecoh yang memenuhi kriteria sebagai suatu soal yang baik, dan (3) mengukur literasi sains dan keterampilan KGS peserta didik menggunakan instrument teslet terkomputerisasi pada sekolah tinggi, sedang dan rendah.
Penelitian ini merupakan Penelitian Pengembangan (RnD) yang dilaksanakan dengan 10 tahapan sintak Borg and Gall. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas X di SMAN 1 Dagangan, MAN 1 Kota Madiun dan MAN 2 Kota Madiun TA. 2018/2019. Teknik pengumpulan data melalui, angket, wawancara, hasil rerata Ujian Nasional dan tes. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) instrument teslet terkomputerisasi telah dikembangkan menjadi sebuah alat evaluasi dalam pembelajaran. (2) Instrumen penilaian teslet terkomputerisasi yang dikembangkan layak digunakan dan memenuhi kriteria sebagai instrumen yang baik berdasarkan validitas isi, reliabilitas, daya pembeda, tingkat kesukaran dan indeks pengecoh. Hasil validitas isi menggunakan formula Aiken dengan 12 validator didapatkan seluruh butir soal memiliki angka validitas lebih dari 0,74 yang berarti valid. Reliabilitas dari uji coba skala menengah didapatkan hasil sebesar 0,706% sedangkan pada uji coba luas mendapatkan hasil persentase sebesar 0,749?lam artian reliabilitas dalam kategori tinggi dan instrumen dapat dikatakan reliabel. Daya pembeda soal dari analisis uji coba skala menengah diperoleh 30% soal berkategori sangat baik, 30?ngan kategori baik, 13,33?ngan kategori cukup dan 26,67?ngan kategori jelek. Tingkat kesukaran butir soal dari uji coba skala menengah diperoleh hasil 10?ngan kriteria sukar, 80?ngan kriteria sedang dan 10?ngan kriteria mudah. Indeks pengecoh dari hasil uji coba skala menengah berfungsi dengan baik kecuali dalam 4 butir soal. (3) Instrumen teslet terkomputerisasi dapat digunakan sebagai alat evaluasi untuk mengukur kemampuan literasi sains dan keterampilan generik sains peserta didik pada materi ikatam kimia dengan melihat data output yang dihasilkan dalam bentuk analisis penguasaan peserta didik.

Kata Kunci : penelitian pengembangan, instrument teslet terkomputerisasi, keterampilan generik, literasi sains, ikatan kimia