Abstrak


Modalitas Verba Modal Bahasa Prancis dan Realasasi Tindak Tutur Direktif pada Komik Michel Vaillant


Oleh :
Yuliantini - S111508030 - Pascasarjana

Abstrak

Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  mengkaji  tiga  permasalahan  pokok  terkait modalitas verba modal (selanjutnya disingkat MVM) bahasa Prancis dalam tindak tutur direktif (selanjutnya disingkat TTD), yaitu: 1) jenis MVM bahasa Prancis dalam TTD, 2) fungsi MVM bahasa Prancis dalam TTD; 2) strategi realisasi MVM bahasa Prancis dalam TTD; faktor-faktor sosial yang memengaruhi MVM bahasa Prancis dalam TTD pada komik Michel Vaillant. Pada penelitian ini diambil dari suber buku komik Michel Vaillant episode
Au Nom du Fils, Voltage, dan La liaison Dangereuse, yang diambil dari situs online Culturethèque milik IFI (Institut Indonésie Français.) teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode simak dan catat.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa  jenis MVM bahasa Prancis dalam TTD, fungsi MVM bahasa Prancis dalam TTD memiliki variasi fungsi yang beragam. Hasil analisis menunjukkan bahwa MVM devoir dalam TTD memiliki fungsi   mengingatkan, meminta, menyuruh,  menyarankan,  menyesal,  meyakinkan,  melarang.  MVM  pouvoir  dalam  TTD
memiliki fungsi menyarankan, mengizinkan, meminta, mengingatkan, mendesak, menyesal,
melarang,  mengharap,  dan  menawarkan.  Selanjutnya,  fungsi  MVM  vouloir  dalam  TTD adalah meminta, menyuruh, menawarkan, melarang. Sementara fungsi MVM falloir dalam TTD adalah mendesak, mengajak, menyuruh, meminta, mengingatkan, dan menyarankan.
Sedangkan  realisasi  strategi  modalitas  verba  modal  dalam  tindak  tutur  yang digunakan oleh para tokoh komik Michel Vaillant terealisasi ada tiga strategi tindak tutur direktif yang digunakan yang memengaruhi fungsi modalitas verba modal dalam tindak tutur direktif pada komik Michel Vaillant yakni strategi strategi diturunkan dari lokusi ujaran, strategi merujuk pada keadaan persiapan, dan strategi pernyataan keinginan.