Abstrak


Strategi Penyaluran Kredit pada Sektor Kredit Karyawan Di P.D. Bpr Bank Klaten


Oleh :
Bili Ganding Prasojo - F3614029 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui prosedur yang dilakukan dalam penetapan nilai target kredit pada sektor kredit karyawan di P.D. BPR Bank Klaten; (2) mengetahui realisasi pencapaian target kredit yang sudah dicanangkan sebelumnya; (3) mengetahui kendala yang terjadi dalam tercapainya target kredit; dan (4) mengetahui strategi yang diterapkan P.D. BPR Bank Klaten untuk mempertahankan angka target kredit dari tahun ke tahun. Penulis menggunakan teknik pembahasan deskriptif kualitatif untuk menjawab secara jelas tentang topik tentang yang dibahas.

Dalam penulisan tugas akhir ini penulis melakukan pengamatan langsung di P.D. BPR Bank Klaten yang beralamatkan jl. Veteran No. 140 Bareng Lor, Klaten Utara, Kabupaten Klaten. Dalam pengumpulan data dilakukan selama kegiatan magang yang berlangsung dari tanggal 9 Januari s.d. 7 Februari 2017. Data diperoleh dengan melakukan wawancara kepada Account Officer dan Kepala Sub Bag. Sistem Kredit Umum. Selain data yang diperoleh dari P.D. BPR Bank Klaten dan instansi mitra, penulis juga mencari referensi buku di perpustakaan pusat Universitas Sebelas Maret.

Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) prosedur penetapan target kredit pada sektor kredit karyawan di P.D. BPR Bank Klaten dimulai dari laporan tutup buku akhir tahun yang disusun Ka. Sub Bag. SKK. Laporan tersebut akan menjadi acuan rencana kerja dalam rapat akhir tahun untuk menentukan target kredit satu tahun ke depan. Hasil rapat yang disepakati berupa kenaikan perkembangan target kredit karyawan minimal untuk setiap tahunnya adalah 15?ri angka realisasi target yang telah tercapai di tahun sebelumnya; (2) pencapaian realisasi kredit P.D. BPR Bank Klaten sepanjang tahun 2016 mengalami fluktuatif. Angka realisasi tertinggi yang mendekati angka target ada pada bulan Juni berada di atas Rp 3 milyar dan angka realisasi terendah ada pada bulan Juli yang perolehannya di bawah Rp 1 milyar; (3) kendala dalam pencapaian angka target kredit P.D. BPR Bank Klaten adalah adanya kompetitor sesama bank yang mempunyai produk dan sistem kredit karyawan yang hampir sama; dan (4) strategi yang tepat dalam mempertahankan target pencapaian kredit pada sektor kredit karyawan adalah dengan cara pihak bank mendatangi instansi-instansi yang belum terikat dengan bank lain yang mempunyai produk yang sama. Menjelaskan produk-produk P.D. BPR Bank Klaten kepada pegawai instansi tersebut sehingga dapat bermitra dengan baik.

Kata Kunci: Penyaluran Kredit, Kredit Karyawan, P.D. BPR Bank Klaten