Abstrak


Keefektifan Terapi Tambahan Asam Folat dan Kobalamin Untuk Memperbaiki Gejala Negatif dan Length Of Stay Pasien Skizofrenia Kronis


Oleh :
Betty Hidayati - S501202012 - Pascasarjana

Latar  Belakang:  Pasien  skizofrenia  mempunyai  kadar  asam  folat  dan  kobalamin  yang rendah. Defisiensi asam folat maupun kobalamin dapat menyebabkan gangguan neurologis dan psikiatris. Suplementasi asam folat dan kobalamin dapat memberikan manfaat terapeutik melalui mekanisme yang berbeda dari rejimen pengobatan saat ini.
Tujuan:   Mengetahui   efektifitas   terapi   tambahan   asam   folat   dan   kobalamin   dalam memperbaiki gejala negatif dan length of stay pasien skizofrenia kronis.
Metode: Studi ini merupakan penelitian eksperimental dengan rancangan randomized controlled trial group, pre-post test design.
Hasil:  Pada  kelompok  intervensi  didapatkan  perbaikan  gejala  negatif  yang  signifikan (p=0,004). Rata-rata length of stay pasien pada kelompok intervensi lebih singkat (28,67 ± 6,79)  dibandingkan  kelompok  intervensi  (32,77  ±  9,77)  yang  signifikan  secara  statistik (p=0,000).
Simpulan: Penambahan asam folat dan vitamin B12 sebagai adjuvan pada terapi antipsikotik standar efektif dalam memperbaiki gejala negatif dan length of stay pasien skizofrenia kronis.