Abstrak


Kinerja Dinas Sosial Kabupaten Temanggung dalam Upaya Penanggulangan Kemiskinan Melalui Program Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RS-RTLH)


Oleh :
Nofia Nurul Farida - D0113069 - Fak. ISIP

Penelitian ini membahas mengenai kinerja Dinas Sosial Kabupaten Temanggung dalam menanggulangi kemiskinan melalui program RS-RTLH. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kinerja dari Dinas Sosial yang dibantu oleh berbagai pihak dengan melihat hasil kerja apakah sudah sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.

Berdasarkan tujuan tersebut maka penelitian ini bersifat diskriptif dengan metode kualitatif dan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Pemilihan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sedangkan validitas data menggunakan triangulasi metode. Kemudian untuk teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif.

Hasil penelitian menunjukan bahwa Kinerja Dinas Sosial Kabupaten Temanggung sudah berjalan dengan baik, dimana hasil yang dicapai sudah sesuai dengan tujuan yang ditetapkan. Berdasarkan penelitian dengan menggunakan 3 indikator yaitu produktivitas, reponsivitas, akuntabilitas. Produktivitas kinerja berupa output fisik dan non fisik, fisik yaitu terbangunnya 2.865 RLH sedangkan non fisik yaitu peningkatan harkat dan martabat penerima manfaat program dilihat dari segi sosial, ekonomi dan kesehatan. Indikator responsivitas menunjukan bahwa Dinas Sosial bersama tim sudah memberikan daya tanggap yang baik. Sedangkan akuntabiltas dilihat dari akuntabilitas ke atas dan akuntabilitas ke bawah.