Abstrak


Hubungan Masyarakat, Aktivitas Media Monitoring Ferrari Jakarta Oleh Public Relations Consultant PT Quantum Asia Corpora Atau AsiaPR


Oleh :
Harning Dio Ramadhan - D1614038 - Fak. ISIP

Penulisan Tugas Akhir bertujuan untuk mengetahui ruang lingkup peran public relations di perusahaan konsultan PR. Public relations di konsultan PR berbeda dengan PR yang ada di perusahaan atau pemerintah, PR di konsultan menawarkan jasa konsultasi PR kepada perusahaan atau lembaga pemerintah yang memiliki masalah pada departemen PR atau sedang memiliki proyek dalam skala besar.  Salah  satu  jasa  yang  dimiliki  oleh  AsiaPR  adalah  Media  Monitoring. Penulis  tertarik  mempelajari  lebih  dalam  mengenai  media  monitoring  karena untuk mengevaluasi suatu kesuksesan event membutuhkan data kuantitatif dan kualitatif  dari  analisis  media.  Data tersebut  dapat  menjadi  acuan  klien  dalam melihat  kesuksesan  pencitraan  perusahaan,  tentunya  peran  PR  konsultan  juga harus memberikan  strategi  kepada perusahaan  (klien) untuk  membangun  citra yang positif.
Pelaksanaan proses media monitoring yakni mencari, mengumpulkan, dan menganalisa berita-berita yang berkaitan dengan perusahaan di   media massa. Kemudian, infomasi tersebut dapat diteruskan kepada puncak manajemen dalam bentuk usulan atau rekomendasi untuk dijadikan penilaian obyektif dalam pengambilan keputusan.
Penulis  melaksankan  Kuliah  Kerja  Media  selama  2  bulan  dimulai  pada tanggal   15   ferbruari   sampai   dengan   14   april.   Selama   magang   penulis mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan fokus studi penulis yaitu public relations. Selama melaksanakan KKM penulis melaksanakan beberapa kegiatan, kegiatan rutin yang dilakukan antara lain   media monitoring, analisa media, mengerjakan konten. Kegiatan khusus seperti mengikuti event-event yang di adakan oleh klien.