Abstrak


Pola Penyelesaian Konflik dalam Keluarga (Studi Kasus pada Keluarga di Desa Watusomo, Kecamatan Slogohimo, Kabupaten Wonogiri)


Oleh :
Damar Adi Nugroho - D0312021 - Fak. ISIP

ABSTRAK

Jika berbicara tentang keluarga pastilah tidak akan lepas dari konflik, banyak konflik yang terjadi dalam keluarga dan bermacam-macam pula cara penyelesaiannya, penyelesaian dengan diskusi, meminta bantuan orang ketiga, dan yang sering dilakukan jika konflik sudah tidak bisa diselesaikan secara damai adalah bercerai.

Dalam pengumpulan data, dilakukan observasi dan wawancara secara mendalam pada keluarga di desa Watusomo serta dokumentasi berupa foto keadaan disana. Jenis penelitain ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, dimana penulis sudah mengamati fenomena yang ada disana, kemudian melakukan penelitian yang berhubungan dengan penyelesaian konflik dalam keluarga. Dalam penelitian ini terdapat tujuh responden yang berasal dari tujuh keluarga dengan latar belakang berbeda-beda, setiap sampel mewakili kategori-kategori keluarga yang ada di desa Watusomo.

Melalui wawancara dan observasi, penulis mendapatkan kesimpulan bahwa penyelesaian konflik dalam keluarga di desa Watusomo sudah berjalan dengan baik, komunikasi yang baik menjadi kunci keharmonisan dalam keluarga. Konflik yang dihadapi keluarga juga bermacam- macam, konflik ekonomi, pola asuh anak, dan ketidakterbukaan. Pola penyelesaian konfliknya juga  beragam,  penyelesaian  dengan  bantuan orang  ketiga,  diskusi  intern  keluarga,  dan perceraian.

Kata kunci : Keluarga, penyelesaian konflik