Abstrak


Pengembangan Modul Fisika Berbasis Saintifik pada Materi Fluida Dinamis untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Kelas XI


Oleh :
Piesog Lota Yan Kristian - S831508039 - Pascasarjana

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui karakteristik modul Fisika berbasis saintifik; (2) Untuk mengetahui kelayakan modul Fisika berbasis saintifik sebagai media pembelajaran; dan (3) Untuk mengetahui efektifitas modul Fisika berbasis saintifik dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa dan hasil belajar siswa.

Metode penelitian ini adalah R&D yang Borg dan Gall dalam Sugiyono (2010). Data penelitian diperoleh dari ahli, reviewer, peer reviewer, dan siswa SMA dengan teknik pengambilan data berupa wawancara dan angket. Teknik analisis data kualitatif menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman dan tabulasi data mengacu pada kriteria penilaian Azwar. Analisis data menggunakan nilai cut off digunakan untuk menilai kelayakan modul Fisika. Data Angket Kreativitas Belajar dan Lembar Observasi Kreativitas Belajar siswa dihitung menggunakan nilai N-Gain ternormalisasi. Sedangkan hasil belajar siswa, rata-rata nilai yang diperoleh dibandingkan dengan KKM.

Hasil penelitian ini, yaitu: (1) Modul Fisika yang dikembangkan memuat sintaks saintifik pada setiap kegiatan belajar dan disertai dengan komponen indikator kreativitas belajar. Modul dilengkapi dengan pengayaan berupa pendalaman materi dan soal latihan; (2) Modul Fisika yang dikembangkan termasuk layak digunakan sebagai media pembelajaran, karena nilai rata-rata keidealan modul sebesar 87,47?n nilai batas bawah (cut off score) sebesar 86,96%; (3) kreativitas belajar siswa setelah menggunakan modul Fisika berbasis saintifik mengalami peningkatan dalam kategori sedang dengan N-Gain sebesar 0,66. Selain itu, rata-rata hasil belajar pada aspek kognitif sebesar 76,11. Hal tersebut menunjukkan  bahwa modul  Fisika  efektif meningkatkan  hasil  belajar siswa, karena nilai rata-rata yang diperoleh berada di atas KKM.