Abstrak


Analisis Kontribusi Pajak Reklame di Kabupaten Purworejo Tahun 2012-2016


Oleh :
Diessela Paravitasari - F3414022 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan penerimaan pajak reklame dan kontribusi pajak reklame terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan Pendapatan Pajak Daerah (PPD) di Kabupaten Purworejo selama tahun 2012-2016. Selain itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala dalam pemungutan pajak reklame serta upaya yang dilakukan untuk meningkatkan penerimaan pajak reklame di Kabupaten Purworejo.

Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Metode observasi dilakukan dengan pengamatan langsung di BPPKAD Kabupaten Purworejo. Metode wawancara dilakukan dengan melakukan tanya jawab dengan pegawai BPPKAD Kabupaten Purworejo.

Hasil penelitian menunjukkan rata-rata tingkat kontribusi pajak reklame baik terhadap PAD selama 5 tahun berturut-turut baik untuk jenis reklame papan/billboard/videotron/megatron dan jenis reklame kain selalu berada dalam kriteria sangat kurang dengan rata-rata 0,609%. Sedangkan terhadap PPD yaitu 0,620%. Meski begitu, penerimaan pajak reklame selama lima tahun selalu mengalami peningkatan.

Penulis memberikan beberapa saran, salah satunya adalah perlu dilakukannya sosialisasi secara rutin dan merata kepada wajib pajak tentang pentingnya pajak reklame untuk menunjang kesejahteraan masyarakat.

Kata kunci: Pajak Reklame, Pajak Daerah, Pendapatan Asli Daerah, Kontribusi, Kabupaten Purworejo