Abstrak


Perbedaan pengetahuan dan kepatuhan sebelum dan sesudah penyuluhan apd pada pekerja di PT. Pamor Spinning Mills, karanganyar


Oleh :
Jefri Irawan Iswahyudi - R0215056 - Fak. Kedokteran

Abstrak

Latar Belakang : Rendahnya pengetahuan dan kepatuhan mengenai APD bagi pekerja dapat menimbulkan kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja. Penyuluhan APD dapat meningkatkan pengetahuan dan kepatuhan mengenai APD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan Pengetahuan dan Kepatuhan Sebelum dan Sesudah Penyuluhan APD Pada Pekerja di di PT. Pamor Spinning Mills, Karanganyar.


Metode : Jenis penelitian ini adalah pre experimental dengan menggunakan pendekatan one group pretest posttest Design. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. 67 pekerja diambil menjadi sampel. Instrumen yang digunakan adalah lembar kuesioner, lembar checklist, dan lembar informed consent. Uji wilcoxon digunakan untuk analisis data.


Hasil : Uji wilcoxon menunjukkan p-value = 0,000 (<0>


Simpulan : Terdapat perbedaan yang signifikan pada pengetahuan dan kepatuhan sebelum dan sesudah penyuluhan APD pada pekerja di PT. Pamor Spinning Mills, Karanganyar.
Kata Kunci : Penyuluhan APD, Pengetahuan, Kepatuhan