Abstrak


Analisis hubungan antara pertumbuhan ekonomi, pariwisata internasional, dan foreign direct investment di indonesia tahun 1981-2017


Oleh :
Aditya Mukshyi Khotijah - F1117003 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara pertumbuhan ekonomi, pariwisata internasional, dan Foreign Direct Investment Di Indonesia Tahun 1981-2017. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder dari world bank dan badan pusat statistik Indonesia.
Penelitian ini bersifat kuantitatif yang membahas hubungan antara pertumbuhan ekonomi, pariwisata internasional, dan foreign direct investment di indonesia tahun 1981-2017. Penelitian ini menggunakan variabel endogen dan eksogen, variabel endogen antara lain pertumbuhan ekonomi, pariwisata internasional, dan foreign direct investment sedangkan variabel eksogennya adalah variabel dummy saat terjadi krisis moneter. Analisis data pada penelitian ini menggunakan metode Vector Error Correction Model (VECM) dengan software eviews 9.
Hasil analisis menyatakan bahwa antara variabel pertumbuhan ekonomi, pariwisata internasional, dan foreign direct investment adalah saling berhubungan dua arah. Hasilnya menunjukkan variabel pariwisata internasional dan foreign direct investment berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. Selanjutnya variabel pertumbuhan ekonomi dan pariwisata internasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap foreign direct investment. Yang  terakhir pertumbuhan ekonomi dan foreign direct investment berpengaruh positif dan signifikan terhadap pariwisata internasional.
Kata Kunci : Pertumbuhan ekonomi, foreign direct investment, pariwisata internasional, VECM