Abstrak


Prosedur penyelenggaraan event corporate marketing annual meeting & appreciation pertamina training & consulting 2019 JPPRO Bali


Oleh :
Ferdina Arthajaya - B3216019 - Fak. Sastra dan Seni Rupa

ABSTRAK

Laporan tugas akhir ini mengkaji tentang prosedur penyelenggaraan event “Corporate Marketing Annual Meeting & Appreciation”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana prosedur penyelenggaraan atau tahapan event dan kendala yang dihadapi terhadap prosedur penyelenggaraan event “Corporate Marketing Annual Meeting & Appreciation” serta solusi dalam menanganinya.
Penulisan laporan ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk memperoleh gambaran berbagai informasi yang berhubungan dengan prosedur penyelenggaraan event “Corporate Marketing Annual Meeting & Appreciation” Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, studi dokumen, dan studi kepustakaan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara kualitatif dan disajikan secara deskriptif.
Hasil dalam penelitian ini adalah prosedur penyelenggaraan event “Corporate Marketing Annual Meeting & Appreciation” terdapat tiga tahapan. Tahap pertama adalah pra produksi (preparation) yang dimulai dari concept details acara,Approval client dan kontak kerja dengan PTC (Pertamina Training & Consulting), Timeline, Pitching vendor dan recruitment team, Pembuatan design dan sample serta approval, Checklist general, Checklist detail, Final rundown, Manual book, Technical meeting.
Tahap kedua adalah produksi (execution), tahap ini dimulai dari Check and recheck produksi, General rehearsal dan sound check, Run thought based on rundown, Final briefing, Show time, dan yang terakhir dokumentasi. Tahap ketiga adalah pasca produksi (reporting), reporting dilakukan untuk mengetahui keseluruhan dari produksi yang telah berjalan dan diserahkan kepada PTC (Pertamina Training & Consulting). Ada tiga reporting yang dilakukan JPPRO Bali dalam event “Corporate Marketing Annual Meeting & Appreciation” yaitu bagian finance, project, dan human resources.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu prosedur yang digunakan JPPRO Bali dalam penyelenggaraan event “Corporate Marketing Annual Meeting & Appreciation” sesuai dengan yang direncanakan.Prosedur yang digunakan juga fleksibel, JPPRO Bali bisa mengubah prosedur yang ada sesuai dengan keadaan. Sedangkan kendala yang dihadapi kurangnya crew, kurangnya back up vendor handuk, dan crew kesusahan mencari file informasi. Dan solusi yang diberikan adalah penambahan crew sesuai kebutuhan event, mempunyai back up vendor handuk, memuat semua informasi kedalam satu file.
Kata Kunci :Prosedur, Penyelenggaraan Event, Event, Event Organizer