Abstrak


Peran Laboratorium Pemasaran dalam Menunjang Kesiapan Siswa Melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (Studi Pada Siswa Kelas XII Program Keahlian Pemasaran SMK N 1 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016)


Oleh :
Amalia Sari - K7411014 - Fak. KIP

ABSTRAK

Amalia Sari. K7411014. PERAN LABORATORIUM PEMASARAN DALAM MENUNJANG KESIAPAN SISWA MELAKSANAKAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN (Studi Pada Siswa Kelas XII Program Keahlian Pemasaran SMK N 1 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016). Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Maret 2017.

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengeksplorasi  (1)  pelaksanaan  kegiatan praktik di Laboratorium Pemasaran; (2) peran Laboratorium Pemasaran dalam menunjang kesiapan siswa melaksanakan PKL; (3) kendala yang dihadapi siswa dalam melaksanakan PKL; (4) usaha sekolah dalam mengatasi kendala.
Metode  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  metode  studi  kasus tunggal terpancang dengan pendekatan penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan berasal dari informan, tempat dan peristiwa yang terjadi di sekolah dan dokumen yang berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengambilan subjek dipilih secara purposive sampling dan besifat snowball sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara semi terstruktur, observasi berperan pasif dan dokumentasi. Teknik uji validitas data yang digunakan adalah uji kredibilitas, uji dependability dan uji confirmability. Uji kredibilitas yang digunakan adalah triangulasi data dan triangulasi metodologis. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif dengan empat tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, kegiatan praktik di laboratorium dilaksanakan pada saat siswa kelas XI dengan materi praktik yang sudah sesuai  dengan  kurikulum  dan  kebutuhan  DU/DI.  Proses  pembimbingan dilakukan 3x setiap hari oleh guru pembimbing. Evaluasi praktik meliputi aspek kemampuan, aspek kepribadian dan aspek sikap. Kedua, peran laboratorium pemasaran dalam menunjang siswa melaksanakan PKL ada dua yaitu sebagai sarana penunjang proses pembelajaran namun belum maksimal karena sarana dan prasarana yang belum memenuhi standar dan sebagai sarana pelatihan dalam meningkatkan keterampilan siswa. Ketiga, kendala yang dihadapi siswa meliputi (a) penyesuaian diri di lingkungan baru; (b) penggunaan sarana dan aplikasi yang terdapat di tempat PKL tetapi tidak tersedia di  laboratorium;  (c) menghadapi konsumen dengan karakter yang berbeda-beda; (d) sikap siswa yang kurang memperhatikan  unggah-ungguh,  kurang  percaya  diri,  kurang  sigap,  kurang banyak bertanya dan bersikap apatis sehingga hanya menunggu perintah. Empat, usaha yang dilakukan sekolah antara lain (a) mengevaluasi dan menindaklanjuti masukan dari DU/DI, berusaha semaksimal mungkin agar sekolah bisa memberikan bimbingan dan pembekalan yang cukup sebelum pelaksanaan PKL dan memberikan waktu dan kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan keberjalanan PKL termasuk juga kendala yang dihadapi siswa.
Kata Kunci: Peran laboratorium, Laboratorium Pemasaran, Kendala, Usaha vi