Abstrak


Promosi UKM expo oleh sinergi event organizer di Surakarta tahun 2019


Oleh :
Rahmad Furkhan - B3216044 - Fak. Sastra dan Seni Rupa

ABSTRAK

Laporan Tugas Akhir ini mengkaji tentang Promosi UKM EXPO oleh Sinergi Event Organizer di Surakarta tahun 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya promosi, kendala dan solusi yang dihadapi terhadap upaya promosi event.
Penelitian laporan ini menggunakan metode deksriptif kualitatif untuk memperoleh gambaran berbagai informasi yang berhubungan dengan upaya promosi event. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan studi pustaka. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara kualitatif dan disajikan secara deskriptif.
Hasil dalam peneltian adalah promosi pelaksanaan event UKM EXPO Surakarta 2019. Terdapat tiga upaya yang dilakukan oleh Sinergi Event Organizer dalam upaya mempromosikan event tersebut yaitu melalui pemasangan t-banner,¬ media sosial dan surat undangan khusus.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu upaya promosi yang dilakukan oleh pihak pelaksana acara yaitu Sinergi Event Organizer dalam UKM EXPO Surakarta 2019 belum maksimal, masih banyak upaya promosi lain yang dapat dilakukan seperti menggunakan media elektronik seperti tv dan radio, media cetak seperti koran dan majalah mingguan serta dapat menjalin hubungan kerjasama dengan media sosial lain agar dapat membantu dalam upaya promosi. Merawat serta memperbaharui website resmi perusahaan dengan harapan informasi lebih mudah dan lengkap didapatkan dengan cara yang mudah. Kendala yang dihadapi dalam upaya promosi ialah keterbatasan dana dalam promosi yang membuat pihak pelaksana acara tidak dapat berbuat banyak dalam upaya promosi, maka dari itu memanfaatkan fasilitas mall yang diberikan secara maksimal adalah solusi yang dilakukan dalam menghadapi kendala tersebut. Sehingga rangkaian acara bisa disebut sukses dilihat target yang sudah ditentukan dari jumlah pengunjung yang menghadiri event.
Kata kunci : Promosi, Event, Event Organizer, UKM EXPO