Abstrak


Improving students’ writing skill through collaborative writing method (a classroom action research at the eleventh grade of science 3rd students of SMA Negeri 2 Karanganyar in the academic year of 2016/2017)


Oleh :
Herinda Ikawati - K2212035 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penerapan yang efektif dari metode Collaborative Writing dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 2 Karanganyar Tahun Ajaran 2016/2017; dan (2) mengetahui kesulitan-kesulitan dalam penerapan metode Collaborative Writing selama penelitian di kelas XI IPA 3 SMA Negeri 2 Karanganyar Tahun Ajaran 2016/2017.

Teknik pengumpulan data adalah observasi, angket, wawancara, catatan lapangan, dokumentasi, dan tes. Data kualitatif  dianalisis menggunakan tiga tahapan: reduksi data, tampilan data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Sementara itu, data kuantitatif dianalisis menggunakan deskriptif statistik.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan Collaborative Writing bisa dicapai secara efektif jika tiga tahapan dalam Collaborative Writing diaplikasikan secara tepat, yaitu: membuat outline sebelum menulis naskah, mendiskusikan naskah sambil dipantau oleh peneliti, dan menyunting naskah bersama teman satu kelompok sebelum dikumpulkan. Dengan menerapkan ketiga tahapan tersebut, dapat meningkatkan situasi kelas dan kemampuan menulis siswa yang terdiri dari mekanik, kosa kata, tata bahasa, organisasi kalimat, dan konten; dan (2) ada dua masalah  utama  dalam  penerapan Collaborative  Writing; penerapan Collaborative Writing memakan banyak waktu dan distribusi siswa tidak optimal karena pembagian kelompok ditentukan oleh peneliti.

Keywords: kemampuan menulis, collaborative writing, penelitian tindakan kelas