Abstrak


Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Audit Delay pada Perusahaan Publik di Indonesia (Studi Empiris Pada Perusahaan yang Terdaftar Secara Konsisten di Lq45 Pada Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2015)


Oleh :
Apri Triliana Happy - F0313012 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen yang disajikan. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah audit delay, sedangkan variabel independen dalam penelitian ini adalah ukuran perusahaan, profitabilitas, solvablitas, ukuran Kantor Akuntan Publik, serta opini auditor. 

Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar secara konsisten di LQ45 pada Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2015. Metode pemerolehan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel yang didapat sejumlah 25 perusahaan yang secara konsisten terdaftar di LQ45 tahun 2013-2015. Analisis data menggunakan regresi berganda. 

Hasil dari penelitian ini adalah ukuran perusahaan berpengaruh negatif terhadap audit delay, sedangkan profitabilitas, solvabilitas, ukuran Kantor Akuntan Publik, dan opini auditor tidak berpengaruh terhadap audit delay.

Kata kunci : Audit Delay, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Solvabilitas, Ukuran Kantor Akuntan Publik, Opini Auditor.