Abstrak


Pengaruh Corporate Governance, Profitabilitas, dan Ukuran Perusahaan terhadap Tax Avoidance (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2014-2015)


Oleh :
Leni Pradasari - F0313049 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK

 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh corporate governance yang diukur dengan kompensasi Dewan Komisaris dan Dewan Direksi dan investor institusional serta pengaruh profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap tax avoidance. Tax avoidance diukur menggunakan Generally Accepted Accounting Principle Effective Tax Rate (GAAP ETR), dimana nilai GAAP ETR berbanding terbalik dengan tax avoidance. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling yang menghasilkan sampel 124 data perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2014-2015. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, dan pengujian hipotesis. 

Berdasarkan hasil pengujian analisis regresi berganda menunjukkan bahwa corporate governance yang diukur menggunakan kompensasi Dewan Komisaris dan Dewan Direksi berpengaruh positif terhadap tax avoidance. Corporate governance yang diukur menggunakan investor institusional tidak berpengaruh terhadap tax avoidance. Profitabilitas berpengaruh negatif terhadap tax avoidance. Ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap tax avoidance. Variasi variabel tax avoidance (GAAP ETR) yang dijelaskan oleh variasi variabel kompensasi Dewan Komisaris dan Dewan Direksi, investor institusional, profitabilitas, dan ukuran perusahaan sebesar 66,8%, sedangkan sebesar 33,2% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian


 
Kata kunci: Kompensasi Dewan Komisaris dan Dewan Direksi, Invest