Abstrak


Analisis dampak Penerapan Bantuan Pangan Non Tunai sebagai Pengganti Rastra dan Evaluasi Sistem Pelaksanaannya di Kota Surakarta


Oleh :
Lisa Kurniawati - F3314064 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK

Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) adalah bantuan sosial yang diterapkan untuk menggantikan program bantuan Beras untuk Keluarga Sejahtera (Rastra) yang diwujudkan dalam bentuk non tunai diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) setiap bulannya melalui mekanisme akun elektronik yang digunakan hanya untuk membeli bahan pangan di pedagang/e-warong yang bekerja sama dengan bank.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti dampak yang dirasakan oleh pihak-pihak yang berkaitan dengan penerapan BPNT serta untuk meneliti pelaksanaannya di Kota Surakarta. Langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian ini adalah membandingkan sistem Pelaksanaan yang ada di Pedoman Umum Pelaksanaan BPNT 2017 dengan sistem yang terjadi di lapangan dengan mengumpulkan data dari berbagai koresponden terkait di Kota Surakarta. Hasil dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak diterapkannya BPNT sebagai bantuan sosial pengganti Rastra dan serangkaian aktivitas sistem pelaksanaannya di Kota Surakarta. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya dampak serta harapan yang positif oleh berbagai pihak meskipun masih ada beberapa pihak yang kurang mendukung. Sistek pelaksanaan yang diterapkan di Kota Surakarta sudah sesuai dengan Pedoman Umum BPNT 2017.

Saran yang dapat penulis berikan terkait penerapan BPNT adalah bahwa dalam penerapan program baru ini harus selalu ada koordinasi yang baik dari seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaannya agar penerapan BPNT dapat berkelanjutan, mampu mewujudkan kesejahteraan pangan, mampu mewujudkan ketahanan pangan serta dapat diterima oleh semua pihak.

Kata Kunci : BPNT, KPM, Bantuan sosial