Abstrak


Kajian Batik Motif Kesehatan


Oleh :
Bonita Defy Ferani - C0913009 - Fak. Seni Rupa dan Desain

Permasalahan dalam penelitian ini mengenai representasi dan visualitas batik motif kesehatan yang berelasi dengan pemaknaan tertentu. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Memahami latar belakang munculnya Batik Motif Kesehatan secara sosialbudaya dan wacana yang melingkupinya. 2) Memahami representasi visual secara objektif dari motif yang di tampilkan, gambaran apa saja yang ada di Batik Motif Kesehatan, dan memahami proses sosial budaya dari visualitas Batik Motif Kesehatan yang ada hubungannya dengan pemaknaan.

Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif deskriptif. Pendekatan yang digunakan untuk mengkaji representasi visual Batik Motif Kesehatan menggunakan pendekatan desain. Pendekatan desain mengkaji lewat artefak secara obyektif dengan menggali data objektif  dari performa struktur fisik dan dimensi yang tampak pada wujud representasinya, manusia (yang mempunyai konsep) dan lingkungan sosial budaya nya.

Hasil penelitian ini adalah: 1)     Munculnya Batik Motif Kesehatan dipicu oleh kreativitas pembuatnya untuk membuat sesuatu yang baru dalam batik agar bisa bersaing dalam dunia perbatikan. Perkembangan-perkembangan visual dalam Batik Motif Kesehatan yang makin kaya dan beragam serta pengguna Batik Motif Kesehatan seperti dokter dan pekerja medis dapat menerima batik tersebut. 2) Pembacaan representasi visual menghasilkan bagaimana Batik Motif   Kesehatan menawarkan nuansa berbeda dalam garapan visualnya, terlihat dari visual yang menampilkan gambar-gambar organ tubuh manusia yang digarap ulang menjadi batik tulis yang disederhanakan sesuai dengan teknik batik tulis. Motif-motif tersebut menjadi sarana untuk mengukuhkan batik tersebut