;

Abstrak


Pengembangan model latihan taktik bertahan dalam bolavoli (studi pada atlet bolavoli putra tingkat intermediet di Surakarta)


Oleh :
Eriek Satya Haprabu - A121108010 - Sekolah Pascasarjana

Tujuan penelitian adalah melaksanakan dan mengetahui hasil analisis kebutuhan dan mengembangkan produk awal, melaksanakan dan mengetahui uji ahli dan uji lapangan, dan melaksanakan dan mengetahui uji efektivitas produk model latihan taktik bertahan dalam bolavoli pada atlet intermediet di Surakarta.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah “metode penelitian pengembangan, (Research and Development)”. Hasil penelitian yang pertama adalah analisis kebutuhan dengan menggunakan metode wawancara untuk mengetahui permasalahan kemampuan bertahan para pemain bolavoli tingkat intermediet di surakarta, dari hasil wawancara diketahui bahwa belum adanya model latihan taktik bertahan secara khusus.

Hasil penelitian tahap 1 pendahuluan yaitu 1). Analisis kebutuhan melalui wawancara dan observasi proses latihan di klub bolavoli, hasilnya proses latihan taktik bertahan dalam bolavoli masih disisipkan saat latihan bermain dan masih rendahnya tingkat penguasaan taktik bertahan dalam bolavoli. Tahap kedua adalah pengembangan produk, dalam hal ini model latihan taktik bertahandidasarkan pada kajian teoritis, sehingga dirumuskan dalam susunan sebagai berikut: (1) Teori umum bolavoli,(2) Teori umum latihan. (3) Latihan taktik bertahan untuk bolavoli. (4) Program latihan taktik bertahan untuk bolavoli. (5) Evaluasi kemampuan taktik bertahandalam bolavoli. Uji coba yang pertama adalah uji coba ahli dengan menggunakan empat ahli bolavoli dengan 24 butir pertanyaan dengan hasil 80.77 ?n dapat diinterpretasikan bahwa rancangan produk bisa diuji cobakan pada tahap selanjutnya. Uji coba kelompok kecil dengan jumlah subjek 12 menggunakan instrumen angket dengan jumlah pertanyaan 12. Hasil uji kelompok kecil adalah 76.67%. uji coba kelompok besar dengan 24 subjek dengan hasil 72.71%.

Tahap yang ketiga adalah uji efektifitas produk dengan membandingkan dua kelompok, satu kelompok diberi perlakuan produk pengembangan dan kelompok lain diberi perlakuan secara konfensional dengan penggunakan pre test dan post test desain. Nilai beda untuk masing-masing kelompok berdasarkan tes adalah: kelompok eksperimen: 122 dan kelompok kontrol:64. Sebagai simpulan akhir dinyatakan bahwa produk terbukti efektif meningkatkan kemampuan taktik bertahanpemain bolavoli putra tingkat intermediet di Surakarta.

Dapat disimpulkan bahwa produk model latihan taktik bertahan dalam bola voli yang dikembangkan oleh peneliti dapat meningkatkan kemampuan taktik bertahan dari pemain putra tingkat intermediet di Kota Surakarta secara efektif dan efisien.

Kata kunci: Bolavoli, Latihan Taktik Bertahan, Penelitian Pengembangan.