Abstrak


Analisis stilistika novel Dari Hari ke Hari karya Mahbub Djunaidi dan relevansinya sebagai materi ajar Pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah menengah atas


Oleh :
Nur Cahyono - K1213048 - Fak. KIP

ABSTRAK

Stilistika novel Dari Hari Ke Hari Karya Mahbub Djunaidi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan: (1) penggunaan jenis-jenis diksi dalam novel Dari Hari Ke Hari; (2) penggunaan jenis-jenis majas (gaya bahasa)
dalam novel Dari Hari Ke Hari; (3) penggunaan jenis-jenis citraan dalam novel Dari Hari Ke Hari; dan (4) relevansi hasil analisis stilistika novel Dari Hari Ke Hari Karya Mahbub Djunaidi sebagai materi ajar Bahasa Indonesia di SMA. 
Penelitian ini menerapkan pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah analisis isi (content analysis). Penelitian ini menggunakan data dari dokumen novel Dari Hari Ke Hari karya Mahbub Djunaidi dan hasil
wawancara dengan informan. Pengambilan sampel dilaksanakan dengan menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan teknik studi pustaka dan teknik wawancara. Validitas data menggunakan triangulasi teori. Analisis data menggunakan teknik analisis mengalir yang memiliki tiga komponen, yaitu reduksi data, sajian data, dan  penarikan kesimpulan atau verifikasi. Prosedur penelitian yang dilakukan terdiri atas beberapa tahap, yaitu pengumpulan data, penyeleksian data, analisis data, dan penyusunan laporan penelitian.   Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, penggunaan diksi (pilihan kata) meliputi kata konkret, kata konotatif, kata sapaan atau nama diri, kata vulgar, kata serapan, kosakata bahasa daerah, kata bahasa asing, dan kata dengan realitas alam. Kedua, penggunaan gaya bahasa (majas) meliputi perumpamaan, metafora, personifikasi, depersonifikasi, aligori, antitesis, pleonasme, perifrasis, antisipasi, epanortosis, satire, paradoks, klimaks, dantiklimaks, alusi, atonomasi, eroteris, asindenton, polisedenton, asonansi, epizeukis, anafora, dan epistrofa. Ketiga, penggunaan citraan meliputi citraan penglihatan, citraan gerak, citraan penciuman, citraan peraba, dan citraan pendengaran. Keempat, novel Dari hari Ke Hari dapat diguna-kan sebagai materi ajar Bahasa Indoneisa di SMA pada kelas XII yang menerapkan kurikulum 2013, yaitu pada KD memahami struktur dan kaidah-kaidah teks novel. 
Kata kunci: Stilstika, novel Dari Hari Ke Hari, materi ajar