Abstrak


Penerapan Pendekatan Bermain untuk Meningkatkan Pembelajaran Lempar Turbo pada Siswa Kelas IV SD Negeri Mangunsari 07 Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2010/2011


Oleh :
Luluk Dwi Daryanti - X4709081 - Fak. KIP

Abstrak

Tujuan  yang  ingin dicapai dalam  penelitian ini adalah  untuk mengetahui peningkatan   dan   untuk   mengetahui   seberapa   besar   penguasaan   teknik   dasar lempar turbo  dengan  menggunakan pendekatan  bennain  pada  siswa kelas  IV SD Negeri   Mangunsari   07  Kecamatan   Sidomukti   Kota   Salatiga   tahun   Pelajaran 20I0/2011. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SON Mangunsari  07 yang berjumlah  40  siswa,   14  siswa   laki-laki  dan  26  siswa  perempuan.   lnstrumen pengumpul  data adalah peneliti dengan dibantu oleh kolaborator.
Penelitian ini termasuk  Penelitian  Tindakan  Kelas (PTK) dengan 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan.  Selain itu, penelitian  ini meliputi  4 tahap,   yaitu   I)  perencanaan   tindakan,   2)  pelaksanaan   tindakan,   3)  observasi tindakan,  dan 4) refleksi  tindakan.  Data  penelitian  ini berupa  hasil  belajar  siswa mengenai   penguasaan   teknik   lempar  turbo   yang   meliputi   ranah   psikomotor, kognitif dan afektif.  Hasil  belajar  ranah psikomotor didapatkan  dari tes praktek  , ranah  kognitif didapatkan  dari  tes tertulis,  sedangkan  ranah  afekktif didapatkan dari hasil pengamatan  sikap siswa. Hasil Analisis penelitian dengan teknik diskriptifkualitatif dengan hasil penelitian  menunjukkan  bahwa setelah mengikuti pembelajaran  Jempar turbo  persentase  ketuntasan   siswa  meningkat  dari  siklus  I sebesar   70  %.   menjadi   siklus  U   sebesar   I 00  %.  Nilai   rata-rata   siswa  juga mengalami kenaikan sebesar  10,3, Siklus  I  nilai rata-rata siswa  sebesar  72,2 dan siklus II sebesar  82,5. Hasil  penelitian menunjukkan  kesesuaian  dengan  hipotesis tindakan    yaitu   dengan    menggunakan    modifikasi    alat   dapat    meningkatkan penguasaan  teknik  Jempar turbo.
Simpulan  penelitian  ini adalah Pembelajaran  Dengan Penerapan Pendekatan   Bennain   Meningkatkan   Penguasaan  Teknik  Lempar  Turbo  Pada Siswa Kelas N SD Negeri Mangunsari 07 Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga.