;

Abstrak


Analisis Psikologi Sastra Dan Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Ulid Karya Mahfud Ikhwan Serta Relevansinya Dengan Pembelajaran Sastra Di Perguruan Tinggi


Oleh :
Hidayat Nur Septiadi - S841802013 - Sekolah Pascasarjana

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan (1) tokoh utama protagonis dan antagonis dalam novel Ulid  karya Mahfud Ikhwan, (2) aspek kepribadian (id, ego, dan superego) tokoh dalam novel Ulid, (3) nilai pendidikan karakter dalam novel Ulid serta (4) relevansi pendidikan karakter dalam novel Ulid dan psikologi sastra dengan pembelajaran sastra di perguruan tinggi.
Penelitian ini termasuk deskriptif kualitatif. Data pada penelitian ini berupa kalimat dalam novel Ulid karya Mahfud Ikhwan. Pendekatan yang digunakan berupa psikologi sastra/teori psikoanalisis Sigmund Freud (aspek kepribadian id, ego, dan superego). Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan teknik analisis konten. Validitas data yang digunakan berupa tiga triangulasi, yaitu triangulasi metode, teori dan sumber data. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi, 1) reduksi data; 2) sajian data; dan 3) penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini, yaitu (1) tokoh utama dalam novel Ulid karya Mahfud Ikhwan, ialah Ulid dan Tarmidi sebagai tokoh protagonis, sedangkan Kaswati sebagai tokoh antagonis; (2) aspek kepribadian id sebanyak 51 data, aspek kepribadian ego sebanyak 17 data, dan aspek kepribadian superego sebanyak 42 data; (3) nilai pendidikan karakter dalam novel Ulid karya Mahfud Ikhwan meliputi, (a) religius sebanyak 28 data, (b) tanggung jawab sebanyak 7 data, (c) disiplin sebanyak 2 data, (d) mandiri sebanyak 2 data, (e) toleransi sebanyak 1 data; (f) percaya diri sebanyak 7 data; (g) kerja keras sebanyak 24 data, serta (h) kerja sama sebanyak 3 data; dan (4) kelayakan relevansi novel Ulid karya Mahfud Ikhwan dan psikologi sastra (aspek keribadian id, ego, dan superego) dengan pembelajaran sastra di perguruan tinggi mata kuliah teori sastra yang dihasilkan dengan merelevansikan dengan RPS (Rancangan Pembelajaran Semester) serta hasil wawancara dengan dosen dan mahasiswa yang ada di Universtas Ahmad Dahlan Yogyakarta jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, serta penulis novel Ulid yakni Mahfud Ikhwan.

Kata Kunci: pendidikan karakter, novel Ulid, psikologi sastra, dan kepribadian id, ego, dan superego.