;

Abstrak


Efektivitas Latihan Senam Aerobik pada Pagi Hari dan Malam Hari terhadap Peningkatan Kadar Hemoglobin Darah Ditinjau Berdasarkan Umur Adolesensi Awal dan Akhir (Studi Eksperimen pada Siswa Putri SMP dan SMK Muhammadiyah Kradenan Blora)


Oleh :
Anifatul Dicka Wahyu Setyaningrum - A121608008 - Sekolah Pascasarjana

Remaja putri merupakan salah satu kelompok yang rawan menderita anemia. Kebugaran aerobik berkaitan dengan total hemoglobin, bahwa volume darah dan hemoglobin meningkat dengan latihan. Senam aerobic merupakan salah satu bentuk aktifitas fisik yang bermanfaat untuk meningkatkan kadar haemoglobin darah. Tujuan penelitian ini: (1) perbedaan pengaruh latihan senam aerobik di pagi hari dan malam hari terhadap peningkatan kadar hemoglobin darah., (2) perbedaan peningkatan kadar hemoglobin  darah  antara  kelompok  umur  adolesense  awal  dan  akhir,  (3)  pengaruh interaksi antara waktu latihan dengan kelompok umur adolesensi terhadap peningkatan kadar hemoglobin darah.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang terdiri dari variabel independen dan dependen. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Ada 28 sampel  yang direkrut secara purposive sampling. Penelitian ini mengukur kadar hemoglobin darah sebelum dan sesudah latihan. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan Analisis Variansi (ANAVA) .
Hasil uji anava diperoleh nilai p yang dihitung pada waktu pemberian latihan senam aerobik sebesar 0,041