;

Abstrak


Konflik Sosial dan Nilai Karakter Kerja Keras pada Novel Karya Leila S. Chudori serta Relevansinnya dengan Pembelajaran Sastra di Perguruan Tinggi


Oleh :
Renita Br Saragih - S841708015 - Sekolah Pascasarjana

Novel merupakan sebuah karya sastra yang menceritakan kehidupan masyarakat dan lingkungannya yang didalamnya terkandung nilai-nilai yang dapat dimanfaatkan sebagai pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan: 1) bentuk konflik sosial dalam novel Pulang karya Leila S. Chudori; 2) bentuk   konflik sosial dalam novel Laut Bercerita karya Leila S. Chudori; 3) nilai karakter kerja keras dalam novel Pulang karya Leila S. Chudori; 4) nilai karakter kerja keras dalam novel Laut Bercerita karya Leila S. Chudori; 5) relevansi nilai karakter kerja keras dalam novel Pulang dan Laut Bercerita karya Leila S. Chudori dengan pembelajaran sastra di Perguruan Tinggi.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan sosiologi sastra. Data dalam penelitian ini berupa kata, frasa, dan kalimat dalam novel Pulang dan Laut Bercerita. Sumber data penelitian ini adalah novel Pulang dan Laut Bercerita karya Leila S. Chudori dan informan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik simak, catat, dan pustaka, serta wawancara. Validitas data menggunakan triangulasi data dan sumber. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model interaktif.
Hasil penelitian ini yaitu: 1) bentuk konflik sosial dalam novel Pulang karya Leila S. Chudori adalah konflik individu dengan individu dan konflik kelompok dengan kelompok; 2) bentuk konflik sosial dalam novel Laut Bercerita karya Leila S. Chudori adalah konflik individu dengan individu dan konflik kelompok dengan kelompok; 3) nilai karakter kerja keras pada novel  Pulang karya  Leila  S.  Chudori  terdiri  atas  tiga  subkategori  yaitu,  yakin  dan  berani, pantang menyerah dan bersungguh-sungguh; 4) nilai karakter kerja keras pada novel Laut Bercerita karya Leila S. Chudori terdiri atas tiga subkategori yaitu, yakin dan berani, pantang menyerah dan bersungguh-sungguh; 5) nilai karakter kerja keras pada novel Pulang dan Laut Bercerita karya Leila S. Chudori dengan relevan pembelajaran sastra di Perguruan Tinggi yang dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran sastra.