Abstrak


Pengaruh Penambahan Gurney Flap Pada Airfoil Jenis Mshd Pada Mobil Fastback Dengan Variasi Ketinggian Gurney Flap Dan Kemiringan Sudut Airfoil Dengan Metode Permodelan Cfd


Oleh :
Naufal Ikhsan Alfajri - I0415065 - Fak. Teknik

Abstrak

Faktor aerodinamika merupakan faktor penting dalam mendesain suatu kendaraan. Faktor aerodinamika menjadi penting karna sangat berpengaruh pada performa kendaraan dan faktor keselamatan dari kendaraan itu sendiri. Salah satu cara untuk meningkatkan faktor aerodinamika pada kendaraan darat (ground vehicle) adalah dengan menambahkan rear wing dengan gurney flap. Penggunaan rear wing dengan gurney flap ini dapat meningkatkan nilai koefisien lift negatif dari suatu kendaraan, sehingga meningkatkan performa mobil pada saat kecepatan tinggi dan pada saat berbelok ataupun mengerem.  Penelitian ini akan membahas tentang karakteristik aerodinamik dari salah satu jenis high lift airfoil yaitu airfoil MSHD dengan penambahan gurney flap dengan variasi kemiringan sudut serang dari airfoil, dan ketinggian dari gurney flap. Penelitian ini dilakukan dengan mensimulasikan variasi airfoil yang diberikan yang dipasang pada Ahmed body dengan kemiringan sudut rear slant 15? atau menyerupai mobil tipe fastback (mobil dengan slope angle dibawah 25°). Simulasi digunakan dengan computational fluid dynamic (CFD) dengan variasi 3 kemiringan sudut airfoil yaitu 0?, 7,5?, dan 15? dan 5 ketinggian gurney flap sebesar 0%, 0,5%, 1%, 1,5?n 2?ri panjang chord line untuk setiap kemiringan sudut airfoil. Hasil dari penelitian ini, didapat nilai koefisien lift/drag terendah pada variasi kemiringan sudut airfoil 15? dengan ketinggian gurney flap 2?engan nilai -1,465 yang terdapat peningkatan nilai sebesar 17,77% dibandingkan dengan tanpa gurney flap.
Kata Kunci: Fastback, Aerodinamika, Rear wing, Gurney flap, Airfoil, MSHD Airfoil, Computational Fluid Dynamic (CFD), Ahmed Body.