Abstrak


Hubungan Jenis Profesi dengan Persepsi tentang Penyakit Tuberkulosis serta Pencegahan dan Pengendalian Infeksi Tuberkulosis pada Petugas Puskesmas di Kota Surakarta


Oleh :
Bukhori Ahmad Muslim - G0016047 - Fak. Kedokteran

Latar Belakang: Tuberkulosis adalah salah satu dari sepuluh besar penyakit penyebab kematian tertinggi di dunia. Penemuan kasus tuberkulosis (TB) di Kota Surakarta menempati lima besar kota tertinggi di Jawa Tengah. Petugas puskesmas termasuk kelompok risiko tinggi terinfeksi TB. Oleh karena itu, diperlukan penelitian mengenai perilaku kesehatan petugas puskesmas yang salah satunya dipengaruhi oleh latar belakang demografis seperti jenis profesi dan persepsi terhadap penyakit TB serta Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) TB. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan jenis profesi dengan persepsi tentang penyakit TB serta PPI TB. Teori yang digunakan adalah Health Belief Model (HBM).

Metode: Jenis penelitian ini adalah observasional analitik dengan pendekatan cross-sectional. Penelitian dilaksanakan di Kota Surakarta pada bulan November 2019. Teknik sampling yaitu total sampling pada seluruh petugas puskesmas di Surakarta yang bersedia menjadi responden penelitian. Pengambilan data dengan menggunakan kuesioner dan diperoleh 476 data responden. Data dipilah berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi sehingga didapatkan sampel 453 responden. Data yang dianalisis adalah jenis profesi dan komponen-komponen persepsi menurut teori HBM. Teknik analisis data menggunakan chi-square.

Hasil: Pada chi-square didapatkan antara jenis profesi dengan persepsi keseluruhan tentang penyakit TB (p=0,004), persepsi kerentanan (p=0,001), persepsi keparahan (p=0,354), persepsi ancaman (p=0,006), persepsi keseluruhan tentang PPI TB (p=0,061), persepsi manfaat (p=0,135), persepsi hambatan (p=0,074), dan persepsi stimulus tindakan (p=0,110).

Kesimpulan: Terdapat hubungan signifikan antara jenis profesi dengan persepsi tentang penyakit TB menurut teori HBM dalam komponen persepsi kerentanan dan ancaman, namun tidak terdapat hubungan yang signifikan antara jenis profesi dengan persepsi keparahan penyakit TB dan persepsi secara keseluhan tentang PPI TB di Kota Surakarta.
                                                                                                                                    
Kata Kunci : Persepsi, Profesi, Petugas Puskesmas, Tuberkulosis, PPI, Model Kepercayaan Kesehatan