Abstrak


Pembuatan virtual reality the heritage palace zona museum transportasi ruang selatan berbasis android


Oleh :
Suwaibatul Aslamiyah - M3116061 - Fak. MIPA

The Heritage Palace adalah wisata keluarga yang merupakan bangunan tua  bekas pabrik gula peninggalan pada zaman Belanda yang sudah ada sejak tahun 1892. The Heritage Palace terletak di jalan Permata Raya Dukuh Tegal Mulyo RT.002/RW.008, Honggobayan, Pabelan, Kec. Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Wisata ini masih terbilang baru sehingga banyak masyarakat umum yang kurang mengetahui dan masih terus mengembangkan fasilitas untuk menarik pengunjung. Oleh sebab itu dibutuhkan media informasi yang interaktif untuk memperkenalkan The Heritage Palace dengan Virtual Reality sebagai salah satu fasilitas yang akan di aplikasikan di The Heritage Palace.
Aplikasi Virtual Reality The Heritage Palace dirancang dengan mengambil lingkungan asli di The Heritage yang kemudian diubah kedalam bentuk 3D. Pembuatan Virtual Reality The Heritage Palace dilakukan menggunakan beberapa software seperti Unity3D, Blender, Corel Draw, dan Adobe Audition.
Penelitian ini menghasilkan aplikasi multimedia yang menyajikan informasi dari The Heritage dan permainan dalam bentuk visual 3D. Diharapkan dengan adanya aplikasi ini dapat meningkatkan dan memuaskan pengunjung untuk datang ke wisata The Heritage Palace.
Kata Kunci  : Virtual Reality, 3D, The Heritage Palace