Abstrak


Pengaruh Pemberian Ekstrak Aloe Vera (Aloe Barbadensis Miller) Terhadap Nyeri Pada Mencit (Mus Musculus) Yang Diinduksi Asam Asetat


Oleh :
Kania Deazara - G0014130 - Fak. Kedokteran

ABSTRAK

Kania Deazara, G0014130, 2017. Pengaruh Pemberian Ekstrak Aloe vera (Aloe barbadensis miller) Terhadap Nyeri pada Mencit (Mus musculus) yang Diinduksi Asam Asetat. Skripsi. Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Pendahuluan: Tumbuhan Aloe vera (Aloe barbadensis miller) memiliki kandungan banyak unsur aktif salah satunya asam salisilat, aloe-emodin, aloin, dan peptidase bradikinase yang bersifat analgesik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemberian ekstrak Aloe vera (Aloe barbadensis miller) terhadap nyeri pada mencit (Mus musculus) yang diinduksi asam asetat.

Metode: Penelitian ini bersifat eksperimental laboratorik dengan rancangan post test only control group design. Sampel berupa mencit (Mus musculus) jantan dengan galur Swiss webster dengan total 30 ekor. Sampel dibagi menjadi 5 kelompok yaitu Kelompok Kontrol Negatif, Kelompok Kontrol Positif, Kelompok Perlakuan I, Kelompok Perlakuan II, dan Kelompok Perlakuan III. Penelitian dilakukan satu minggu setelah mencit diadaptasi. Kelompok kontrol negatif hanya diinduksi asam asetat tanpa diberi perlakuan, kelompok control positif diberi aspirin sebelum diinduksi asam asetat, Kelompok perlakuan diberi ekstrak Aloe vera (Aloe barbadensis miller) dengan tiga dosis berbeda yaitu 50 mg/kg, 100 mg/kg, dan 200 mg/kg sebelum diinduksi asam asetat. Efek penurunan nyeri diamati dengan metode writhing test atau uji geliat. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik dengan uji kruskal wallis. (?=0.05).

Hasil: Pada analisis statistik pada uji kruskal wallis didapat nilai signifikansi 0.140 dimana >0.05 yang berarti penelitian yang telah dilakukan memiliki efek yang tidak signifikan, atau dapat dianggap tidak terdapat perbedaan bermakna antara kelompok kontrol dan perlakuan.

Simpulan: Pemberian Ekstrak Aloe vera (Aloe barbadensis miller) tidak menurunkan nyeri pada
Mencit (Mus musculus) yang Diinduksi Asam Asetat.

Kata Kunci: Ekstrak, Aloe vera, Nyeri, Analgesik, Mencit, Geliat, Asam asetat