Abstrak


Hubungan Pengetahuan Kodeki dengan Sikap Kesejawatan Dokter


Oleh :
Aliffira Ayunda Putri - G0016020 - Fak. Kedokteran

Latar Belakang: Dalam bidang kesehatan, dokter tidak hanya bekerja seorang diri untuk melayani pasien. Dokter akan bekerja sama dengan profesi lainnya termasuk dengan teman sejawatnya. Agar profesi dokter  dapat berjalan dengan baik maka dibutuhkan hubungan yang baik antar teman sejawat yang mana hal ini sudah di atur dalam kewajiban umum KODEKI pasal 18. Selain itu juga dibutuhkan pengetahuan yang cukup mengenai kode etik kedokteran untuk membangun hubungan yang baik antar teman sejawat. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan pengetahuan KODEKI dengen sikap kesejawatan dokter. 
Metode: Penelitian ini bersifat observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Subjek dalam penelitian ini adalah dokter muda di RSUD Dr. Moewardi Surakarta. Pengambilan subjek dilakukan dengan teknik purposive sampling yang berjumlah 31 orang di RSUD Dr. Moewardi Surakarta. Data yang didapat dianalisis menggunakan uji korelasi Spearman. 
Hasil: Dari hasil analisis data dengan 31 subjek koas di RSUD Dr. Moewardi Surakarta tahun 2019, didapatkan adanya hubungan antara pengetahuan KODEKI dengan sikap kesejawatan dokter yang signifikan (p= 0,005) dan terdapat korelasi cukup dengan arah korelasi positif (r= 0,489). 
Simpulan: Terdapat hubungan yang bermakna antara pengetahuan KODEKI dengan sikap kesejawatan dokter.