Abstrak


Asuhan Kebidanan Terintegrasi Pada Ny. S Umur 25 Tahun Di Puskesmas Sibela Surakarta


Oleh :
Martina Octadyva - R0316037 - Fak. Kedokteran

Abstrak
Latar Belakang: Asuhan kebidanan terintegrasi merupakan asuhan yang diberikan bidan pada klien mulai hamil, bersalin, nifas, bayi baru lahir, dan keluarga berencana (KB) dalam upaya menjaga kesehatan ibu - bayi serta deteksi dini komplikasi penyulit.

Pelaksanaan: Asuhan kehamilan dilakukan dua kali. Persalinan dengan seksio sesarea atas indikasi insufisiensi plasenta dengan memberikan asuhan praoperatif dan post operatif. Asuhan nifas dengan memberikan konseling kebutuhan masa nifas. Asuhan bayi baru lahir normal dan memastikan pemberian ASI eksklusif, serta memberikan konseling tentang KB.


Evaluasi: Tidak terdapat komplikasi pada kehamilan dan persalinan. Bayi lahir normal di RS Hermina Solo, dilakukan perawatan tali pusat tertutup. Tidak ditemukan komplikasi pada masa nifas. Ibu memilih KB kondom.


Simpulan dan saran: Terdapat kesenjangan pada asuhan bayi baru lahir yaitu tidak dilakukan IMD dan dilakukan perawatan tali pusat tertutup. Petugas kesehatan diharapkan dapat memberikan asuhan secara komprehensif sesuai dengan SOP asuhan kehamilan dan bayi baru lahir yang sudah ditetapkan.

Kata kunci : Asuhan kebidanan, Ibu, Bayi,Terintegrasi