Abstrak


Hubungan person organization fit dan transformational leadership den gan intergroup conflict pada karyawan PT Pelabuhan Indonesia III (PERSERO)


Oleh :
Dinda Melita - G0113032 - Fak. Kedokteran

Era globalisasi merupakan era yang menuntut perusahaan di Indonesia untuk terus meningkatkan produktifitas dan efektifitas perusahaan. Perusahaan harus menciptakan sistem dan struktur yang baik dan apabila perusahaan tidak menyediakan struktur dan sistem yang baik maka akan berpotensi menimbulkan intergroup conflict. Untuk menghindari terjadinya intergroup conflict maka karyawan harus didukung dengan adanya person organization fit dan transformational leadership yang baik.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara intergroup conflict dengan person organization fit dan transformational leadership pada karyawan PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) dengan sample berjumlah 68 responden. Data dikumpulkan dengan skala intergroup conflict (reliabilitas  0,929), skala person organization fit (reliabilitas 0,900), dan skala transformational leadership (reliabilitas 0,975).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara intergroup conflict dengan person organization fit dan transformational leadership (Fin@=41,559 > Fae=3,14; p=0,000<0>intergroup conflict dan person organization fit (p=0,000 < 0>intergroup conflict dan transformational leadership (p=0,003 < 0 xss=removed>person organization fit dan transformational leadershibersama•sama memberikan sumbangan  sebesar 56, 1 % terhadap intergroup conflict dengan sumbangan 33,9% dari person organization fit dan 22,1 % sumbangan  dari transformational leadership.

Kata Kunci: IntergrouConflictPerson Organization Fit,Transformational Leadership