Abstrak


Akibat Hukum Perjanjian di Bawah Tangan dengan Jaminan Fidusia pada Koperasi Serba Usaha Barokah Kabupaten Sragen


Oleh :
Arya Krisna Okta Bomantara - E0014048 - Fak. Hukum

Penulisan hukum (skripsi) ini bertujuan untuk mengetahui akibat hukum terhadap perjanjian kredit di bawah tangan dengan jaminan fidusia pada Koperasi Serba Usaha Barokah Kabupaten Sragen dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi berserta upaya dalam penyelesaian wanprestasi terhadap perjanjian kredit di bawah tangan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian empiris dengan tipe diskriptif. Penelitian ini merupakan penelitian dengan data-data yang diperoleh dari kegiatan di lapangan . Teknik pengumpulan data berupa studi lapangan dan studi kepustakaan. Studi lapangan meliputi observasi langsung wawancara dengan kepala koperasi, sekertaris dan anggota koperasi kemudian studi kepustakaan dari buku maupun jurnal. Teknik analisis menggunakan deskriptif dengan alat pengumpulan data wawancara dan observasi yang prosesnya dilakukan bersama dengan teknik pengumpulan data.
Hasil penelitian menunjukan akibat hukum dari penelitian ini merupakan wanprestasi dalam perjanjian di bawah tangan dengan jaminan fidusia dan mengetahui kendala yang dihadapi serta penyelesaian dalam perjanjian kredit di bawah tangan pada Koperasi Serba Usaha Barokah Kabupaten Sragen.
Kata Kunci : Akibat hukum; Perjanjian kredit; Fidusia