Abstrak


Pengaruh pembelajaran kooperatif modelthink pair share (TPS) dan think talk write (TTW) terhadap hasil belajar ditinjau dari self confidence siswa akuntansi di SMK Negeri 1 Surakarta


Oleh :
Indri Noviani - K7414026 - Fak. KIP

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya (1) perbedaan pengaruh model pembelajaran Think pair Share (TPS) dan Think Talk Write (TTW) terhadap hasil belajar siswa; (2) terdapat pengaruh siswa yang memiliki self confidence tinggi dan siswa yang memiliki self confidence rendah terhadap hasil belajar siswa; (3) terdapat interaksi model pembelajaran dan self confidence terhadap hasil belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan metode quasi exsperiment dengan desain pre-test dan post-testmenggunakan two way annova. Populasi penelitian mencakup selurus siswa kelas X akuntansi di SMK Negeri 1 Surakarta. Sampel yang mendapatkan perlakuan model pembelajaran TPS adalah siswa kelas X AK 1 sebanyak 36 siswa sebagai kelas eksperimen 1 dan siswa kelas X AK 2 sebanyak 36 siswa mendapatkan perlakuan model pembelajaran TTW. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes untuk mengukur hasil belajar siswa dan instrumen angket untuk mengukur tingkat tinggi dan rendahnya self confidence, serta lembar observasi dan dokumentasi untuk untuk mengamati keterlaksanaan pembelajaran yang digunakan peneliti.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran Think pair Share (TPS) dan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap hasil belajar siswa akuntansi. Siswa yang diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran TPS menunjukan peningkatan sebesar 25,28 sedangkan, siswa yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran TTW menunjukan peningkatan sebesar 21,50; (2) terdapat perbedaan pengaruh antara tingkat self confidence tinggi dan self confidence rendah. Siswa yang memiliki self confidence tinggi memiliki hasil belajar yang lebih tinggi daripada siswa yang memiliki self confidence rendah; (3) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan self confidence terhadap hasil belajar siswa. Jadi siswa yang  menggunakan model pembelajaran dapat meningkatkan self confidence dan hasil belajar.
Kata kunci :Think pair Share (TPS), Think Talk Write (TTW), self confidence, dan hasil belajar