Abstrak


Analisis kontribusi sektor pertanian, kehutanan dan perikanan dalam mengurangi ketimpangan pendapatan di eks karesidenan Pati


Oleh :
Novita Triyaswuri - H0815092 - Fak. Pertanian

ABSTRAK

Pada hakikatnya pembangunan ekonomi bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Peningkatan kesejahteraan masyarakat memerlukan pertumbuhan ekonomi yang baik dan distribusi pendapatan yang merata tanpa adanya ketimpangan pendapatan. Peningkatan pertumbuhan ekonomi dapat dilihat dengan adanya peningkatan nilai Produk Domestik Regional Bruto (PDRB). Produk Domestik Regional Bruto di Eks Karesidenan Pati pada tahun 2013-2017 terus mengalami peningkatan. Peningkatan PDRB ini menunjukkkan bahwa pertumbuhan ekonomi di Eks Karesidenan Pati memiliki kegiatan ekonomi yang positif dan produktif. Pertumbuhan ekonomi tersebut di dukung dengan adanya kontribusi sektor pertanian, kehutanan dan perikanan sebesar 12,18%. Sektor pertanian, kehutanan dan perikanan tersebut diharapkan mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan menurunkan tingkat ketimpangan pendapatan di Eks Karesidenan Pati. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kontribusi sektor pertanian, kehutanan dan perikanan dalam mengurangi ketimpangan pendapatan di Eks Karesidenan Pati.
Metode dasar penelitian adalah deskriptif. Metode penentuan lokasi dalam penelitian adalah secara sengaja atau purposive. Jenis data yang digunakan dalam penelitian adalah data sekunder yaitu Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) dan jumlah penduduk. Metode pengumpulan data dengan dokumentasi dan observasi. Metode analisis data menggunakan Minimum Requirement Technique (MRT) dan Indeks Williamson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sektor pertanian, kehutanan dan perikanan menjadi sektor basis di Kabupaten Rembang, Kabupaten Blora, Kabupaten Jepara, dan Kabupaten Pati. Sektor pertanian kehutanan dan perikanan menjadi sektor non basis di Kabupaten Kudus. Sektor pertanian, kehutanan dan perikanan berperan dalam mengurangi ketimpangan pendapatan di Eks karesidenan Pati. Hal ini di dukung dengan nilai ketimpangan lebih besar apabila sektor pertanian dikeluarkan dari perhitungan. Pembangunan daerah di Eks Karesidenan Pati disarankan melalui pengembangan sektor pertanian, kehutanana dan perikanan dengan intensifikasi pertanian. Pemerintah berperan dalam pemerataan agar tidak terjadi tingkat ketimpangan pendapatan salah satunya dengan meningkatkan produksi sektor pertanian, kehutanan dan perikanan.