Abstrak


Hubungan antara Kejadian Obesitas dengan Kualitas Hidup Anak Sekolah Dasar di Kecamatan Jebres


Oleh :
Wulandhari - G0016230 - Fak. Kedokteran

Latar Belakang: Obesitas adalah suatu penyakit multifaktoral yang terjadi akibat akumulasi  jaringan  lemak  berlebihan,  sehingga  dapat  menganggu  kesehatan.  Selain dapat  menganggu  kesehatan,  obesitas  juga  dapat  berpengaruh  buruk  pada  kualitas hidup. Kualitas hidup akan sangat rendah apabila aspek-aspek dari kualitas hidup itu sendiri masih kurang dipenuhi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kejadian obesitas dengan kualitas hidup anak sekolah dasar.
Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini yang dilaksanakan di 5 Sekolah Dasar (SD) di Kecamatan Jebres. Sampel ditiap sekolah diambil dengan metode Consecutive Sampling. Instrumen yang  digunakan  pada  penelitian  ini  yaitu  grafik  pertumbuhan  Centre  for  Disease Control and Prevention dan kuesioner Pediatric Quality of Life Inventory (PedsQL) Generic Core 4.0.
Hasil Penelitian: Penelitian ini dilakukan terhadap 150 responden yang terdiri atas 75 anak dengan berat badan obesitas dan 75 anak dengan berat badan normal. Sebagian besar anak dengan obesitas memiliki kualitias hidup yang buruk sebanyak 51 anak (68%). Hasil uji chi square didapatkan nilai p< 0>Kesimpulan: Penelitian ini memiliki hubungan yang bermakna antara kejadian obesitas dengan kualitas hidup anak sekolah dasar di kecamatan jebres