Abstrak


Strategi Penetapan Harga Sewa Kamar Kusuma Sahid Prince Hotel Solo pada Online Travel Agent Traveloka


Oleh :
N Satlimardek - F3214043 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi penetapan harga  Kusuma Sahid Prince Hotel Solo pada online travel agent Traveloka. Selain itu penelitian ini juga menganalisis faktor faktor yang mempengaruhi Kusuma Sahid Prince Hotel Solo dalam penetapan harga pada online travel agent Traveloka.
Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi dan wawancara. Metode observasi dilakukan dengan pengamatan langsung ke Kusuma Sahid Prince Hotel, yaitu melalui tanya jawab dengan pegawai Kusuma Sahid Prince Hotel.
Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa strategi yang digunakan dalam penetapan harga Kusuma Sahid Prince Hotel Solo pada online travel agent traveloka menggunakan strategi penetapan harga promosi, yaitu dengan memberikan potongan harga, penetapan harga diskriminasi, dan penetapan strategi persaingan harga. Strategi penetapan harga tersebut dipengaruhi oleh dua faktor yaitu factor biaya dan faktor bukan biaya yang meliputi hunian kamar (Occupancy), kondisi manajemen hotel, harga pesaing, peak/off-peak seasonal (periode puncak atau ramai), dan ulasan pengunjung yang telah menggunakan layanan.
Adapun saran yang diberikan adalah diharapkan Kusuma Sahid Prince Hotel Solo dapat menyusun strategi untuk penetapan harga jangka panjang karena semakin lama persaingan akan semakin ketat.

Kata kunci: penetapan harga promosi, penetapan harga diskriminasi, competitive pricing, occupancy, manajemen hotel,harga pesaing,  peak/off-peak seasonal, ulasan pengunjung.