Abstrak


Pengaruh Emotional Exhaustion pada Job Satisfaction dan Turnover Intention dengan Time Pressure dan Anxiety sebagai Pemediasi(Studi pada Perawat Rumah Sakit Islam Surakarta)


Oleh :
Karlinda Cahya Lathifa - F0213057 - Fak. Ekonomi dan Bisnis


ABSTRAK
    Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) pengaruh emotional exhaustion pada job satisfaction, (2) pengaruh emotional exhaustion pada turnover intention, (3) pengaruh job satisfaction pada turnover intention, (4) peran mediasi time pressure dalam pengaruh emotional exhaustion pada job satisfaction dan turnover intention, (5) peran mediasi anxiety dalam pengaruh emotional exhaustion pada job satisfaction dan turnover intention. Populasi dalam penelitian ini adalah perawat Rumah Sakit Islam Surakarta, diambil dengan metode non-probability sampling dan teknik accidental sampling. Responden penelitian berjumlah 239 perawat. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini mengambil jumlah responden sebanyak 150 perawat dengan menggunakan rumus Slovin. Pada penelitian ini pengujian validitas, reliabilitas, dan hipotesis menggunakan SPSS.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa emotional exhaustion berpengaruh negaif dan signifikan pada job satisfaction. Emotional exhaustion berpengruh positif dan signifikan pada turnover intention. Job satisfaction tidak berpengaruh pada turnover intention. Pada penelitian ini time pressure dan anxiety tidak memiliki pengaruh mediasi dalam pengaruh emotional exhaustion pada job satisfaction dan turnover intention.


Kata Kunci: emotional exhaustion, job satisfactaction, turnover intention, time pressure,  anxiety.