Abstrak


Analisis sektor unggulan terhadap penyerapan tenaga kerja di Kabupaten Sragen Tahun 2013-2017


Oleh :
Thufall Rafii Grischa Erlita - F1117058 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Pertumbuhan sektor perekonomian di suatu wilayah tidak hanya berdampak pada pertumbuhan ekonomi wilayah tersebut tetapi juga akan berdampak  di wilayah lain yang memiliki keterkaitan ekonomi dengan wilayah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk melihat sektor-sektor ekonomi apa saja yang menjadi unggulan dan dapat menyerap tenaga kerja di Kabupaten Sragen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Location Quotient (LQ) untuk menentukan sektor basis dan non basis, Model Rasio Pertumbuhan (MRP) untuk membandingkan pertumbuhan baik dalam sekala kecil atau lebih luas, dan Overlay untuk melihat keunggulan dan potensi ekonomi di Kabupaten Sragen.

Dari hasil analisis LQ yang menjadi sektor basis adalah penggabungan sektor perdagangan besar, eceran, reparasi mobil, sepeda motor, penyediaan akomodasi dan makan minum serta sektor pertanian, kehutanan, perikanan. Berdasarkan analisis MRP sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan serta sektor industri pengolahan memiliki nilai RPr dan RPs positif hasil tersebut menunjukan bahwa kedua sektor mengalami pertumbuhan baik di Kabupaten Sragen maupun di Provinsi Jawa Tengah dan berdasarkan analisis MRP dalam pertumbuhan penyerapan tenaga kerja sektor industri pengolahan di Kabupaten Sragen mengalami pertumbuhan lebih tinggi jika dibandingkan dengan Provinsi Jawa Tengah. Berdasarkan analisis overlay sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan layak untuk dijadikan sebagai sektor unggulan dan layak untuk dijadikan prioritas pembangunan karena sektor tersebut adalah satu-satunya yang memiliki tingkat pertumbuhan dan kontribusi yang positif.

Pengembangan terhadap sektor-sektor unggulan yang mampu menyerap tenaga kerja tinggi harus menjadi fokus utama pemerintah. Namun, pengembangan sektor unggulan tersebut hendaknya tidak mengabaikan sektor-sektor ekonomi lainnya yang masih mempunyai kemungkinan untuk berkembang di masa yang akan datang. Pengembangan tersebut hendaknya dilakukan secara konsisten.

KataKunci : Sektor Unggulan, PDRB, PenyerapanTenaga Kerja