Abstrak


Analisis Perencanaan Pajak terhadap Laba Perusahaan(studi pada PT Jamu Air Mancur)


Oleh :
Fuad Wahyu Wirawan - F1313040 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK

 

Pajak merupakan iuran wajib bagi orang pribadi maupun badan yang diserahkan kepada negara. Pajak memiliki undang-undang serta peraturan- peraturan yang berlaku bagi wajib pajak. Perusahaan-perusahaan biasanya melakukan perencanaan pajak untuk menekan biaya pajak pada perusahaannya dengan memanfaatkan undang-undang yang berlaku. PT JAMU AIR MANCUR juga melakukan perencanaan pajak untuk menekan biaya pajak per peiode. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari perencanaan pajak terhadap laba perusahaan pada PT Jamu Air Mancur.
Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Wawancara dilakukan dengan mengajukan tanya jawab  terkait  proses  perencanaan  pajak,  dokumentasi  dengan  mengumpulkan data-data  terkait  catatan  perencanaan  pajak  serta  laba  perusahaan,  dan  studi pustaka dengan mencari informasi-informasi yang dapat digunakan sebagai pendukung penelitian.
Hasil penelitian dapat dijelaskan bahwa kegiatan perencanaan pajak dapat menekan nilai beban pejak sehingga mempengaruhi laba perusahaan. Perencanaan pajak   merupakan   salah   satu   faktor   yang   dapat   mempengaruhi   nilai   laba perusahaan karena dapat menekan biaya pajak terhutang. Perencanaan pajak merupakan usaha dalam menekan jumlah laba menurut fiskal yang dijadikan sebagai dasar perhitungan pajak terhutang. Penelitian ini memiliki keterbatasan karena sifat kerahasiaan perusahaan terhadap perpajakan.


Kata kunci : Perencanaan Pajak, Laba Perusahaan