Abstrak


Pengaruh Sikap terhadap Iklan Pop-Up pada Niat untuk Mengeklik Iklan dengan Ads Exposure dan Personalisasi Iklan sebagai Variabel Moderasi (Studi pada Iklan Pop-Up Lazada)


Oleh :
Eddo Limo Moerzano - F0213036 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh hiburan, keinformatifan, gangguan, kredibilitas, dan imbalan terhadap niat untuk mengeklik iklan dengan sikap pada iklan pop-up sebagai variabel mediasi serta eksposur iklan dan personalisasi iklan sebagai variabel moderasi. Secara spesifik studi ini membatasi studi pada iklan pop-up Lazada yang muncul pada laman internet.
Data  pada  penelitian  ini  dikumpulkan  melalui  kuesioner  yang  diberikan kepada responden. Sampel terdiri dari 230 responden dengan teknik pengambilan samplenya adalah convenience sampling. Pengujian hipotesis dalampenelitian ini menggunakan regresi dengan bantuan perangkat lunak SPSS 16.0.
Hasil   penelitian   menunjukan   bahwa   sikap   positif   pada   iklan   pop-up memediasi hubungan antara hiburan, gangguan, kredibilitas dan imbalan terhadap
niat   untuk   mengklik   iklan   pop-up   dengan   dimoderasi   eksposur   iklan   dan
personalisasi iklan secara parsial. Studi ini memiliki keterbatasan yang meliputi objek yang diteliti hanya difokuskan pada salah satu iklan pop-up yang sering muncul di laman internet yakni iklan pop-up Lazada. Hal ini dapat membatasi generalisasi dari temuan penelitian. Sehingga pada penilitian selanjutnya diharapkan mengeliminasi keterbatasan pada penelitian ini.

 

Kata kunci:     iklan pop-up, niat untuk mengeklik, sikap pada iklan pop-up, hiburan, keinformatifan, gangguan, kredibilitas, imbalan, eksposur iklan, personalisasi iklan