Abstrak


Pengaruh Kepemimpinan Transformasional pada Pemberdayaan Psikologis yang Dimediasi oleh Budaya Organisasi ( Octapace ) (Studi Pada Karyawan Waroeng Spesial Sambal Area Surakarta)


Oleh :
Defy Abdul Karim Husein - F1215021 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan transformasional pada pemberdayaan psikologis yang dimediasi oleh budaya organisai.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan waroeng special sambal area Surakarta yang meliputi warung mandiri serta warung area yang berjumlah 530 karyawan. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 230 reponden yang diambil secara convenience sampling. Sedangkan untuk pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi hirarki.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) bahwa kepemimpinan transformasional memiliki pengaruh langsung secara positif terhadap pemberdayaan psikologis., (2) bahwa kepemimpinan transformasional memiliki pengaruh langsung secara positif terhadap budaya organisasi., (3) Budaya organisasi memiliki pengaruh langsung secara positif terhadap pemberdayaan psikologis., (4) bahwa budaya organisasi dapat memediasi secara partial mediated pengaruh.
Studi ini memiliki keterbatasan yaitu penelitian ini hanya didasarkan pada jawaban responden atas kuesioner yang telah disebarkan sehingga data yang terkumpul tergantung pada kejujuran dan kemampuan responden dalam menjawab kuesioner. Penelitian ini dilakukan pada karyawan Waroeng Spesial Sambal Area Surakarta sebanyak 230 orang, sehingga generalisasinya masih bersifat terbatas. Selain itu variabel amatan yang hanya meneliti 3 variabel amatan saja, yaitu kepemimpinan transformasional, pemberdayaan psikologis dan budaya organisasi. Oleh karena itu, dalam penelitian selanjutnya diharapkan melengkapi keterbatasan pada penelitian ini.
Kata Kunci : kepemimpinan transformasional, budaya organisasi, pemberdayaan psikologis